Bangkok, Thailand adalah salah satu kota tujuan favorit para pelancong dunia khusus nya Indonesia mulai dari backpacker on budget, family trip, hingga traveler fancy semua ingin dan penasaran sama kota Bangkok. Untuk yang pertama kali ke Bangkok menggunakan pesawat domestik dari kota Hat Yai, Phuket atau kota Thailand lain nya dan untuk yang menuju Bangkok dari Kuala Lumpur atau beberapa Kota di Indonesia yang langsung mendarat di Don Mueang Airport pasti bingung ingin ke mana dan mencari penginapan di daerah mana, umum nya wisatawan akan mencari penginapan di daerah ramai, tengah kota dan terkenal serta dekat ke mana – mana. Ya, bisa di bilang daerah nya turis. Setiap kota memiliki daerah turis tersendiri seperti George Town di Penang, Bukit Bintang di Kuala Lumpur, Kota Tua di Jakarta, Paharganj di Delhi dan di Bangkok ada Khao San Road.

Bagi backpacker daerah Khao San Road ini bukan nama yang asing. Jalanan panjang ditengah kota Bangkok ini dipenuhi dengan turis yang sudah melegenda di kuping para traveler dunia. Selama beberapa tahun Khao San Road terkenal sebagai pusat berkumpulnya backpacker dari seluruh dunia yang singgah di Bangkok. Semua ada di sini, penginapan murah dan mahal, dorm on budget, tempat makan enak, pusat penjualan souvenir, jajanan kaki lima yang enak-enak, money changer hingga tempat penjualan tiket segala macam transportasi dengan beragam tujuan destinasi juga ada.

#ForYourInformation : mata uang Thailand update tahun 2020 1 Baht = 455 Rupiah.

Bagaimana cara ke Khao San Road dari Don Mueang Airport?

Ketika kamu tiba di Don Mueang Airport Bangkok, Thailand ada beberapa pilihan transportasi menuju Khao San Road. Berikut ini adalah beberapa pilihan transportasi dan cara ke Khao San Road dari Don Mueang Airport :

1. Local Bus / Public Bus

Bus lokal atau publik transportasi nya orang lokal Thailand ini adalah pilihan paling murah menuju Khao San Road. Jika berpergian dengan tidak membawa banyak tentengan, tidak mengejar waktu dan mengesampingkan kenyamanan pilihan ini sangat tepat. Cara naik bus ini adalah mencari jalan keluar dari bandara melalui gerbang 1 dan ikuti jalan menuju Family Mart kemudian menaiki jembatan penyebrangan jalan untuk sampai di Halte Bus bernama Wat Don Muang yang terletak di seberang jalan dari bandara Don Mueang nama jalan nya Vibhavadee Rangsit Road.

Untuk tujuan Khao San Road naiklah bus nomor 59 ke persimpangan Khok Wua yang terletak di persimpangan jalan Ratchadamnoen Klang dan jalan Tanao. Dari sana, tinggal berjalan sedikit menuju Khao San Road. Tarif bus nomor 59 menuju Khao San Road ini berkisar mulai dari 6 – 15 Baht atau sekitar 2.000 – 9.000 Rupiah, murah kan? Pilihan ini cocok untuk solo traveler.

Khao San Road
Local Bus Thailand
Khao San Road
Rute Bus nomor 59 Don Mueang Airport ke Khao San Road by Google Maps

2. Limo Bus Express

Pilihan kedua ini adalah pilihan yang aku ambil ketika tiba di Don Mueang Airport. Harganya lumayan mahal untuk backpacker on budget seperti aku, dikarenakan aku sudah lelah bermalam di Krabi Airport sebelum tiba di Don Mueang Bangkok jadi malas mencari lokal bus yang murah itu, aku menambatkan hati menuju Khao San Road dengan Limo Bus Express. Tarif Limo Bus Express ini adalah 150 Baht atau sekitar 68.000 Rupiah.

Khao San Road
Ticket Limo Bus Express

Untuk harga 150 Baht, menurut aku ini sangat worth it. Fasilitas wifi yang kencang, ada tempat bagasi untuk menyimpan tas atau koper sehingga tidak mengganggu aktifitas kaki, tempat duduk yang juga nyaman, tiba di tujuan on time karena tidak berhenti dan ‘ngetem’ seperti lokal bus, dan full ac pastinya. Dengan fasilitas wifi yang disediakan aku tidak menyia-nyiakan nya begitu saja. Aku segera browsing apa saja yang penting dan mencari rute penginapan di Khao San Road yang sudah aku pesan.

Counter Limo Bus Express ini terletak di Terminal 1 dan Terminal 2 Don Mueang Airport. Untuk di Terminal 1 counter terletak di Level 1 Arrival Gate 7 dan di Terminal 2 berada di Level 1 Arrival Gate 14. Waktu tempuh menuju Khao San Road dari Don Mueang Airport sekitar 40-60 menit tergantung jam berapa kita berpergian. Pilihan ini cocok untuk solo traveler atau couple.

Khao San Road
Timetable Limo Bus Express
Khao San Road
Limo Bus Express

Update terbaru mengenai tarif harga, jadwal keberangkatan dan jika ingin memesan online dapat langsung ke situs resmi Limo Bus Express di sini

3. Taksi Bandara

Ketika keluar dari pintu keluar ketibaan, taksi meter di bandara sudah banyak menawarkan jasa nya untuk mengantar ke seluruh destinasi tujuan di kota Bangkok maupun luar kota Bangkok. Taksi bandara juga bisa mengantarkan kita menuju Khao San Road tapi tidak aku sarankan, berhubung jalanan di kota Bangkok yang begitu macet pasti lah tarif yang di tawarkan juga akan mahal mengikut meteran.

Untuk sekali jalan saja pengalaman temanku yang pernah naik taksi meter ini bisa sekitar 400-600 Baht atau sekitar 180.000 – 270.000 Rupiah. Taksi Bandara ini hanya memuat 4 orang saja dan beroperasi 24 jam. Taksi Bandara ini cocok untuk yang gak mau ribet menunggu bus, mau cepat dan family trip atau group trip. Harga taksi akan sangat murah jika dibagi 4 kan? Untuk kalian yang juga mau sedekah dan sedikit membantu perekonomian warga lokal mungkin boleh saja naik taksi bandara karena driver taksi adalah orang lokal Thailand yang juga tulang punggung keluarga nya 😊

Khao San Road
Rupa Tkasi Thailand

4. Tranportasi Online (Grab)

Siapa sih yang tidak menggunakan teknologi di era sekarang ini? Transportasi online juga tidak asing lagi bagi kita yang hidup di jaman serba teknologi. Di Bangkok transportasi online seperti Grab juga menjadi favorite para wisatawan dan warga lokal karena sangat mudah untuk di akses dan tarif juga tidak mahal. Pilihan untuk menggunakan transportasi online seperti Grab tepat untuk group trip yang lebih dari 3 orang, family trip atau yang menginginkan kenyamanan private. Grab dapat mengangkut penumpag maksimal 4 – 6 orang tergantung pilihan mobil yang kita pilih. Kabarnya lagi Grab di Thailand juga menyediakan Grab Van yang muat hingga 9 orang loh.

Grab di Bangkok juga menyediakan jasa Grab Bike yaitu Grab dengan motor, sangat cocok untuk solo travel yang mau cepat, nilai tambah nya lagi jika menggunakan Grab Bike kita tidak akan ketakutan dengan namanya macet karena motor bisa nyelip sana sini kan hihi. Untuk memesan transportasi online semacam Grab, kita harus terlebih dahulu membeli sim card lokal di bandara ya, karena driver akan menghubungi kita terkait lokasi tepat penjemputan.

Khao San Road
Tampilan Tarif Grab Bike, Car dan Taxi

Nah, transportasi mana nih yang cocok untuk kalian yang mau ke Bangkok? Semua depends on berapa orang kah yang akan berpergian yah. Disesuaikan saja dengan budget, kenyamanan dan waktu nya. Masing – masing pilihan transportasi pastilah ada kelemahan da kelebihannya tergantung kita sebagai pengguna transportasi yang harus bijak okei? Kalau ada pilihan moda transportasi lain selain yang aku sebutkan di atas kita bisa saling sharing di kolom komentar di bawah loh 😊

Ciao!
-WS-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here