Air Terjun Sipiso Piso/Sipiso Piso Waterfall

Siapa nih yang udah pernah ke sini? Hayyuukkk ngacung.. Masyarakat Sumatera Utara pastilah sudah pernah ke sini yah? Kalo belum segerakanlah dan lihat betapa ciptaan alam Tuhan sungguh indah.
Saya pribadi ke sini baru tiga kali dan selalu kagum dengan keindahannya, dan Air Terjun Sipiso Piso ini adalah trip pertama saya secara backpacker-an dan tidak di rencanakan, trip kedua saya kesini bersama keluarga dan ketiga bersama peserta trip Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT).

Tahun 2014, bulan Juni tepat satu tahun saya merantau di Kota Medan, Sumatera Utara. Saat itu saya bingung karena bosan dengan kuliah yang gitu – gitu aja, ga punya teman untuk pergi jauh dan bingung mau ke mana karena sungguh ini kali pertama saya merantau. Untungnya, di kosan saya punya teman akrab namanya Rizki, saya manggilnya kak kiki. Kak kiki kuliah di Universitas Sumatera Utara dan kebetulan waktu itu kami sama-sama jojoba alias jomblo jomblo bahagia 😀

Minggu di bulan Juni itu saya memutuskan ke kamar kak Kiki karena saya tahu dia ga akan kemana – mana, sama deh dalam hati namanya juga jojoba yah haha, saya langsung bilang “kak ki hayuk jalan” tanpa nanya ke mana kak Kiki langsusng bilang “Hayoook ca..” wihhhh asikkk langsung berangkat tanpa pikir panjang.

Waktu itu jujur saya belum tau mau kemana tapi tujuan Air Terjun Sipiso Piso ini sudah ada di dalam kepala karena ingat mama saya pernah cerita tentang indahnya alam Danau Toba, secara mama saya adalah mantan anggota pramuka dan MAPALA loh, ajibbb bener pokonya mama number one supporter kalo urusan jalan – jalan.

Matahari masih belum terik waktu sudah menunjukkan pukul sembilan pagi dan saya langsung menghubungi mama untuk bertanya gimana caranya ke Air Terjun Sipiso Piso tujuan kami ini, singkat cerita dapat lah saya petunjuk untuk ke sana, dengan hanya berpakaian seadanya dan saya waktu itu belum punya sepatu running/hiking dan gak tau medan air terjun akan bagaimana berangkat lah saya dan ka Kiki cuma mengenakan celana jeans, sweater, sepatu converse dan tas selempang seadanya.

air terjun sipiso piso

Apa sih yang membuat air terjun sipiso piso istimewa?

Air terjun Sipiso Piso adalah air terjun yang berada di dataran tinggi Batak tepatnya di Dusun Hutabaringin, Kecamatan Tongging, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Air terjun ini terbentuk oleh Sungai Pajanabolon, mengalir keluar diantara tebing dan bermuara ke Danau terbesar di Asia Tenggara yaitu Danau Toba.

Air Terjun Sipiso Piso mengalir deras membentuk garis vertikal sempurna dari ketinggian 120 meter (393 kaki). Air terjun Sipiso Piso ini berada di bibir kaldera raksasa Danau Toba. Nama Sipiso Piso berasal dari kata ‘Piso’ yaitu ‘Pisau’. Nama ini diberikan karena derasnya aliran yang jatuh seperti pisau yang tajam. Fakta ini lah yang memberinya gelar untuk air terjun tertinggi ke-6 di Indonesia.

air terjun sipiso piso

Bagaimana cara untuk menuju Air Terjun Sipiso Piso?

Nah, Air Terjun Sipiso Piso ini berjarak sekitar 70km dari Kota Medan, 35km dari Kota Berastagi dan 25km dari Kota Kabanjahe. Jauh juga ya ternyata? 😀 Ada berbagai cara loh menuju Air Terjun Sipiso Piso dan bisa di akses dari berbagai kota. Saya pribadi pernah menuju Sipiso Piso dari Kota Medan. Menuju Air Terjun Sipiso Piso juga bisa dengan banyak macam moda transportasi mulai dari angkutan umum hingga kendaraan pribadi. Nah berikut adalah akses menuju Air Terjun Sipiso Piso :

Dari Kota Medan ke Air Terjun Sipiso Piso

Kalau kalian menggunakan transportasi umum dari Medan please banget siapkan stamina yang fit karena jadinya perjalanan akan sangat lama karena tidak ada bus yang langsung, harus berhenti terlebih dahulu di Kota Kaban Jahe lalu menyambung dengan bus lainnya. Dari Medan pergilah ke simpang pos, simpang pos ini seperti pool bus untuk ke arah Berastagi dan Kabanjahe, setelah sampai di simpang pos jangan dulu bayangkan bus pariwisata atau bus besar lainnya tetapi lebih ke KUPJ bus kecil yang penuh sesak dengan lantunan lagu khas Karo di sepanjang perjalanan waktu yang diperlukan dari Medan untuk ke terminal bus Kota Kabanjahe sekitar tiga jam.

air terjun sipiso piso

air terjun sipiso piso

Kemudian, setelah sampai di terminal Kota Kabanjahe, perjalanan dilanjutkan dengan bus menuju Desa Tongging bilang aja ke supir/kenek bus nya mau ke Air Terjun Sipiso Piso, nanti akan diturunkan pas di tepi jalan depan gerbang masuk menuju air terjun, perjalanan sekitar satu jam. Setelah tiba di depan gerbang yang ada tulisan “Selamat Datang di Objek Wisata Sipiso Piso” berarti kalian sudah sampai dan jika mampu berjalan ke dalam silahkan tetapi tidak saya sarankan karena jauh dan memerlukan bentor (becak motor) untuk ke dalam, ya hitung-hitung berbagi rezeki lah ya untuk tukang becak. Bisa juga kalian melewati rute dari Terminal Amplas Medan ke Merek, lalu bisa turun di simpang Merek naik bentor lalu ke Desa Tongging naik bentor lagi baru bisa sampai ke air terjun Sipiso Piso.

air terjun sipiso piso

Jika kalian hanya butuh waktu singkat dan tak ingin capek silahkan menyewa mobil sekaligus supir dan kalian tinggal duduk cantik di dalam mobil sembari menikmati pemandangan indah sepanjang perjalanan menuju kawasan kaldera Danau Toba.

*Bus Borneo/Sutra dari simpang pos/terminal amplas – Kabanjahe/Merek : Rp. 25.000 – 30.000
*Bus dari Kabanjahe – Desa Tongging : Rp. 10.000
*Becak Motor dari simpang Desa Tongging – Air Terjun Sipiso Piso : Rp. 10.000/orang
(jika kalian berdua atau bertiga kalian bisa tawar Rp.15.000/2 orang dan Rp.25.000/3 orang)
*Mobil sewa sekaligus supir : Rp. 400.000 – Rp.500.000/hari
(pilihan ini sangat efisien jika kalian pergi lebih dari dua orang artinya bisa share cost dan bisa singgah sekalian ke Danau Toba dalam satu hari)

Dari Kota Pematang Siantar ke Air Terjun Sipiso Piso

Dari kota Pematang Siantar, harus ke terminal Parluasan dulu untuk mencari angkutan menuju Sipiso Piso. Kata abang supir, tidak ada angkutan yang langsung menuju Sipiso Piso, harus naik mobil sewa menuju Kabanjahe dan nanti akan berhenti di pertigaan Situnggaling/Merek, dari sana baru naik becak motor menuju Sipiso Piso. Ada opsi lain yang lebih murah yaitu menggunakan minibus Sinar Sepadan.

* Mobil sewa dari Siantar ke Situnggaling/Merek adalah Rp.35.000/orang.
* Becak Motor dari Merek ke Sipiso Piso Rp. 10.000/orang

Well, hanya dari dua kota tersebut yang saya tahu jika kalian dari Prapat menuju Sipiso Piso, saya rasa juga ada angkutan umum yang pastinya jangan malu bertanya ke warga lokal ya.

Dalam perjalanan kita akan disuguhkan dengan pemandangan perbukitan hijau dan perkebunan di kanan dan kiri. Setibanya di Air Terjun Sipiso Piso kita akan terkagum kagum oleh keindahannya, takjub akan air yang jatuh vertikal cantik kebawah dengan deras dan tajamnya. Takjub dengan keindahan pemandangan Danau Toba yang disuguhkan dari sini, tak lupa saya selalu mengucap syukur Allhamdulilah dan kagum dengan keindahan alam ciptaan Tuhan, Masya Allah.

air terjun sipiso piso

Sampainya di pintu gerbang Air Terjun Sipiso Piso kita akan diberhentikan dengan penjaga pos dan akan diminta membayar tiket masuk dan membayar tiket parkir kendaraan jika menggunakan kendaraan pribadi, jika naik becak motor aman sajaaa langsusng gaspol 😀

* HTM Air Terjun Sipiso Piso : Rp. 5.000 untuk Dewasa dan Rp. 3000 untuk anak-anak
* Parkir motor Rp. 5.000, Parkir Mobil Rp. 10.000

air terjun sipiso piso

Kalian yang menggunakan becak motor tadi jangan lupa tanyakan nomor hape Kang Becaknya untuk nanti dijemput lagi setelah selesai menikmati Air Terjun Sipiso Piso, karena jarang sekali ada becak yang menunggu di dalam.

Sebelum buru-buru menuruni anak tangga dan ingin sekali menjamah percikan air terjun Sipiso Piso ada baiknya terlebih dahulu mengisi perut dan sekedar mengistirahatkan badan setelah perjalanan panjang. Sekitar pelataran parkir, Pemerintah Kabupaten Karo cukup banyak yang menyediakan gazebo – gazebo untuk duduk santai piknik bersama sanak saudara dan teman-teman, sengaja di siapkan untuk para wisatawan, di sana juga banyak terdapat warung – warung yang berjualan makanan ringan, minuman sampai makanan non halal untuk non muslim.

Kalian yang muslim jika perut sangat lapar bisa isi perut dengan mie cup instan dan membeli tah hangat, karena terletak di gunung cuaca dan angin di sana sangat kencang dan dingin. Saran saya untuk pejalan yang muslim bekal lah dari rumah dan bawa air mineral yang banyak jika ingin menuruni anak tangga menuju air terjun Sipiso Piso, lumayan menghemat pengeluaran yah kalo beli di sana muahaaal abisss.

Setelah puas menikmati pemandangan, mengambil foto sebanyak mungkin sebagai bukti bahwa kita sudah menginjakkan kaki di Air Terjun Sipiso Piso serta memberi tahu dunia bahwa Indonesia memiliki air terjun se gagah Sipiso Piso, pergilah menuruni anak tangga yang ribuan untuk mencapai Air Terjun Sipiso Piso, nikmatilah setiap sudutnya, atmosfer dan suara jatuhnya air disertai semilir angin yang mendayu dan tak terasa air mata saya jatuh dalam hati saya berkata Ya Allah sungguh indah ciptaan Mu.

Medan yang akan dilalui dengan ribuan anak tangga menuju dasar air terjun Sipiso Piso ini sangat curam, maka berhati-hatilah, sangat tidak saya sarankan anak kecil untuk menyususri anak tangga ini. Nih anak tangganya :

air terjun sipiso piso

air terjun sipiso piso

air terjun sipiso piso

Mumpung sudah jauh kesini saya tidak akan melewatkan kesempatan menjelajahi dan menuruni anak tangga yang sungguh panjang ini untuk melihat lebih dekat ke gagahan Sipiso Piso. Let’s go….

air terjun sipiso piso

Sembari melewati anak tangga yang ribuan, banyak sekali spot foto bagus yang sayang untuk dilewatkan, ambil foto sebanyak mungkin sebagai kenang – kenangan.

air terjun sipiso piso

air terjun sipiso piso

Disepanjang perjalanan jika letih dan lapar jangan takut karena banyak pos disetiap beberapa meter perjalanan. Ada gazebo untuk bersantai dan mengambil foto terbaik, ada pondok dan warung makan yang siap menyuguhkan mie panas beserta teh atau kopi panas.

Jangan kecewa jika tidak bisa merasakan bermandian di air terjun Sipiso Piso ini karena dari jarak 30m pun kita sudah merasakan bagaimana dibasahi oleh percikan airnya, se dahsyat itu percikannya.

Di dasar air terjun, kita bisa mengambil foto tapi ingat usahakan membawa sport camera dan jangan berani mengeluarkan kamera digital atau kamera bagus lainnya. Bakalan basah! Manfaatkan sport camera kalian deh karena bagus dan cantik banget. Harus wajib kesini.

Pukul dua siang setelah puas basah dan menikmati keindahan air terjun Sipiso Piso saatnya untuk naik nih, wah saya membayangkan nya saja sambil ketawa sama kak Kiki karena tau bakalan jaaauuhhh dan menanjak sekali tapi karena kami sambil bercerita sepanjang perjalanan dan ketawa – ketiwi jadi perjalanan tidak terasa.

Kira – kira kalau kuat fisik dan tahan capek silahkan turun ke dasar, tapi kalu tidak waduh jangan deh naiknya menanjak cuuy ga akan kuat bisa berabe karena gak ada PMR yang mau mengangkat ke atas haha

Selain air terjun Sipiso Piso, di pinggir Danau Toba juga ada air terjun lain dengan nama yang mirip, yaitu air terjun Sigura Gura yang difungsikan juga sebagai PLTA. Tapi karena eterbatasan waktu saya tidak pernah sempat ke sana, semoga someday deh!:)

air terjun sipiso piso

Jia kalian berkunjung ke Berastagi dan meng-explore keindahan alam Danau Toba, sempatkan untuk melihat air terjun Sipiso Piso ya dan sampaikan salam saya kepada Danau Toba, mimpi saya yang belum tercapai ialah mengelilingi Pulau Samosir dengan motor.

Kalau ada pertanyaan seputar air terjun Sipiso Piso dan lainnya silahkan komen yah! 😀

Ciao!
-WS-

Follow me on
Instagram : @ohwisa
YouTube : Wisa Chairunnisa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here