There’s no place in the world like India. Itulah kata-kata yang sering aku dengar dari kebanyakan traveler dari seluruh dunia yang sudah menjelajah India minimal dua bulan hingga satu tahun lamanya. India itu geudeeee banget, bahkan lebih gede dari Indonesia. Jumlah penduduk India saja perkiraan sekitar 1.339 miliar jiwa dan Indonesia hanya 264 juta jiwa geng menruut om wikiped. Luas wilayah India juga bikin takjub seluas 3.287 km² sedangkan Indonesia yang kita sangka besar ternayat hanya memiliki luas wilayah 1.905 juta km². Negara India kebanyakan hanya daratan, jadi traveling di India pun sedikit banyak bisa overland walaupun dari satu daerah ke daerah lain nya me makan waktu dan lama banget karena jauh.

Overland adalah salah satu kesukaanku di banding harus naik pesawat. Memakan waktu sih, tapi you deserve more experience. Jadi, semua traveler sebelum ke India yang memiliki populasi besar itu perlu banget untuk tahu seluk beluk tentang India sebelum memulai perjalanan.

Untuk kalian yang lagi bingung apa aja sih aplikasi traveling di India yang harus ada di smartphone selama traveling ke India? Traveling ke India itu adalah sebuah keberanian besar loh, apalagi memutuskan untuk solo-travel. India menurut ku adalah salah satu negara paling indah di dunia. Ingat ya! India bukan untuk orang yang lemah, harus pintar dan cerdik geng.

Gimana sih traveling tanpa agen dan jadi traveler yang pintar? Apalagi sekarang semua sudah serba digital kan, tidak ada lagi kata manja. Traveling jenis apakah kamu? Me-manage semua nya sendiri dan menyusun itinerary secara rapi atau tipe on the spot?

Jika kalian tipe pejalan yang mengatur semuanya sendiri, tentunya segala sesuatu ingin kemana, menginap dimana dan transportasi nya naik apa di India nanti kalian bisa arrrange menggunakan beberapa aplikasi yang akan aku jabarkan di bawah ya. Jika kalian pula tipe traveler yang semuanya serba on the spot, wajib juga download beberapa aplikasi traveling yang bisa di pakai secara offline.

Di dunia digital seperti sekarang ini, kita bisa mengakses dunia dari smartphone yang kita punya, kita bisa memesan hotel sebelum pergi, browsing tentang negara yang mau di tuju, memeriksa cuaca, memesan makanan online, memesan tiket kereta, bus, taksi online dan mencari segala sesuatu informasi tentang suatu negara, bahkan yang gak bisa ngomong bahasa negara yang ingin di tuju juga bisa menggunakan google translate online maupun offline di smartphone kita.

Nah, aku yakin banget dong pasti diantara kita di jaman yang sudah modern ini pasti semua punya smartphone kan? Bahkan nenek-nenek di pasar juga udah pesbukan geng. Jadi, tidak perlu khawatir lagi, dunia digital telah menjadikan dunia di genggaman hahaha

Berikut adalah Aplikasi Traveling di India yang aku gunakan dan sangat membantu perjalanan selama di India kemarin:

Where to Stay (Mencari Penginapan / Hotel)

OYO ROOMS

Aplikasi Traveling

Oyo Rooms adalah salah satu platform penyedia property, Oyo Rooms juga terkenal dengan budget hotel nya. Oyo sangat aku rekomendasikan karena berguna banget untuk budget-traveler, apalagi diskon nya banyak dan banyak ditemui di India bagian manapun. Kamu bisa cari penginapan jenis apapun di Oyo, mau untuk keluarga, couple atau untuk solo traveler? Silahkan pilih diskon nya, bisa bayar di tempat juga loh, first time menggunakan oyo rooms ini waktu ke Manali dan tau oyo rooms juga waktu ke India, konon katanya Oyo ini apps dari India loh.

Aplikasi Traveling

BOOKING.COM

Aplikasi Traveling

Traveler dan Backpacker mana sih yang gak tahu booking.com ini? Selain travel apps ini murah, bisa booking hotel sesuka mu bahkan sebelum kamu tiba di negara tersebut, di manapun tanpa DP, bisa bayar di tempat dan bisa cancel kapanpun jika berhalangan. Booking.com sudah aku gunakan sejak pertama kali backpackeran. Booking.com juga menyediakan berbagai jenis penginapan dan yang paling terkenal dormitory room nya yang start from $4 loh 😀 aplikasi dewa sih kalo ini mah.

AIRBNB

Aplikasi Traveling

Aplikasi AirBnB ini sangat berguna untuk kalian yang travel-group, karena dengan sewa 1 rumah atau apartment bisa muat untuk 3-10 orang loh, semakin lama jangka menginap kita bisa nego harga dengan host, aku pribadi tidak menggunakan AirBnB selama di India, tetapi aku sangat rekomendasi AirBnB untuk travel-group karena akan menekan budget. Cocock untuk yang cari homestay.

COUCHSURFING

Selain untuk mencari dimana kamu akan menginap menggunakan aplikasi ini secara free, aplikasi ini juga sangat berguna untuk menjalin relasi dan pertemanan dengan orang lokal. Sudah tak terhitung berapa kali aku menggunakan aplikasi ini dan sangat berterima kasih kepada siapa yang membuat aplikasi keren ini, sudah pernah aku review di sini Aplikasi Smartphone Wajib Dimiliki Traveler dan Backpacker silahkan baca selengkapnya 😊 Di India sendiri, aku bertemu dengan teman baik masyarakat lokal dari aplikasi ini, sampai sekarang kami masih berteman baik.

Which Flight to Take (Cari Penerbangan)

AIRASIA , TIKET.COM dan TRAVELOKA

Aplikasi Traveling

Tiga aplikasi ini masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dong, apalagi AirAsia untuk para pejuang tiket murah sudah pasti kenal. Sebangga nya aku dapet tiket promo Kuala Lumpur – New Delhi ya dari promo AirAsia ini, bisa booking pesawat lokal India dan negara lainnya juga dari Traveloka dan Tiket.com juga menyediakan tiket murah. Baca selengkapnya di sini Aplikasi Smartphone Wajib Dimiliki Traveler dan Backpacker kamu yang hanya membeli tiket pergi ke India dan belum membeli tiket pulang ke Indonesia bisa menggunakan Tiket.com / Traveloka yang pembayarannya bisa menggunakan debit card Indonesia.

Travel Apps India

MAKEMYTRIP

Aplikasi Traveling

Make My Trip adalah salah satu situs pemesanan perjalanan terbaik di India. Semua bisa di akses dan di pesan dari Apps ini, all-in-one kata aku sih. Make My Trip membantu traveler mencari dan memesan penerbangan, hotel, tiket kereta, bus dan lainnya selama di India. Tapi, aplikasi ini hanya menerima pembayaran melalui Credit Card dan Debit India, jadi aku hanya menggunakan ini untuk melihat jadwal kereta dan bus saja. Kalian yang punya credit card boleh banget pakai aplikasi ini karena banyak promo dong!

CLEARTRIP

Aplikasi Traveling

Buat kita yang belum pernah ke India pasti belum pernah dengar tentang Travel Apps India yang satu ini, Cleartrip. Aplikasi ini bisa dibilang tidak baru lagi di kalangan masyarakat India karena sangat super gampang buat memesan apapun. Aku pribadi juga tau aplikasi ini dari anggota member Backpacker Dunia yang sudah duluan ke India.

Cleartrip bisa memesan : penerbangan, kereta api, hotel, dan kegiatan selama di India. Aplikasi ini menyediakan penerbangan domestik India dengan cukup murah dibanding Travel Apps serupa. Nah, di aplikasi ini lah kita bisa memesan tiket kereta api di India dengan mudah, karena di pandu ke situs resmi kereta api India yaitu IRCTC (Indian Railway Catering and Tourism Corporation) dari mulai membuat akun hingga pemesanan.

Tapi, fitur yang lagi disukai banyak traveler itu fitur tour seperti perjalanan tiga hari dari Delhi menuju Agra, Taj Mahal atau perjalanan dari Delhi ke Rishikesh dengan harga termurah. Aplikasi ini hanya bisa digunakan selama di India ya 😊

PAYTM

Aplikasi Traveling

Pertama kali tahu Apps ini dari yang punya hostel di Agra, baik banget aku di jelasin aplikasi ini seperti e-wallet yang terkenal banget di India. Bisa bayar apapun dan bisa dapet cashback. Aku gunain aplikasi ini karena waktu itu mau travel ke Jaipur dari Agra naik local train India yang mana aku gabisa pesan di website karena ribet jadi aku pesan on thespot dan mas-mas hostelnya yang mesenin menggunakan Paytm ini. Kalo di Indonesia semacam Go-Pay / Ovo gitu deh. Wajib download deh kata aku mah, nyesel download apps ini setelah beberapa hari di India. Bisa top-up credit pulsa nomor India juga jadi gaperlu repot deh top-up ke warung di India yang kadang suka misscom sama yang jaga warung haha.

Udah beli sim card India belum? Kalau belum baca di sini ya aku pandu persiapannya sebelum beli sim card India di sini Cara Beli Sim Card di India : Internet di India Ribet Banget!

Transportasi Keliling India (How To Get Around India)

OLA

Aplikasi Traveling

Harus wajib download aplikasi ini kalua mau keliling India dengan harga murah dan aman, daripada harus naik tensi tawar menawar tuk–tuk atau dibohongi tukang taksi di India mending yang pasti-pasti aja deh naik Ola Cabs. Ga akan kedapetan driver bodong karena kalo naik Ola ketika kita mendapatkan driver, kita dan driver akan mempunyai code yang akan sama-sama kita input di apps, jadi jika ada driver dateng tapi code nya beda dengan yang kita punya kita ga usah naik ya takutnya scam. Ini serius memudahkan traveler banget loh, secara ga semua orang India mahir berbahasa Inggris dan sebaliknya, terkadang terjadi miscommunication dan dengan cara ini jadi lebih mudah dan aman. Pengalaman aku selama naik Ola di India tidak pernah mengecewakan, bahkan menyenangkan karena dapet driver ola yang lucu-lucu haha

Ola Cabs itu seperti Grab & Uber, tapi tarifnya dibawah Grab & Uber loh, bola di coba deh! Dan hampir di seluruh kota di India ada Ola Cabs ini. Ola Cabs juga menyediakan jasa sewa driver ke luar kota, trus uniknya Ola juga bukan hanya mobil loh tapi juga ada tuk-tuk atau bajaj nya India. Aku udah pernah coba waktu di Agra geng! Seru banget! Se-modern itu kan India? Cus coba ya kalau sudah sampai India. Aplikasi Ola hanya bisa digunakan setelah kamu punya sim card India ya. Cara Beli Sim Card di India : Internet di India Ribet Banget!

REDBUS

Aplikasi Traveling

Tidak semua daerah bisa dijangkau dengan pesawat atau kereta, nah disitulah kita membutuhkan bus, van dan sejenisnya untuk berpergian. Redbus adalah aplikasi penyedia jasa bus termurah dan tergampang untuk di pesan. Redbus beroperasi di enam negara salah satu nya adalah India. Kalian akan sangat perlu dengan aplikasi ini, karena Redbus menyediakan pilihan bus mulai dari bus daerah, bus milik negara hingga bus mahal sekelas volvo. Redbus juga menampilkan info lengkap tentang jam keberangkatan dan harga yang ditawarkan relative murah. Pengalaman pribadi menggunakan Redbus ketika membeli tiket bus dari New Delhi ke Manali dengan sangat murce 😀

Aplikasi Traveling Tambahan Yang Sangat Penting

IRCTC CONNECT

Aplikasi Traveling

Needles to say, jaringan perjalanan kereta api di India adalah yang terbesar di dunia dan kota-kota di India paling mudah dan cepat di kunjungi dengan kereta. Sudah banyak sekali aku mendengar cerita tentang perkereta api an di India tapi tetap saja aku kurang paham dan ujung-ujungnya beli on the spot. Bahkan sudah banyak yang menceritakannya di travel-blog. Salah satunya di blog nya https://omnduut.com/2018/08/27/mudahnya-memesan-tiket-kereta-di-india-melalui-situs-irctc/ dan https://bardiq.me/2017/10/14/railwaysinindia/ dua travel blogger ini mungkin akan lebih tahu dan membantu menjelaskan tentang kereta api di India melalui tulisan nya karena aku tidak langsung membeli tiket kereta di aplikasi IRCTC (The Indian Railway Catering and Tourism Corporation Limited) tapi melalui aplikasi perantara seperti cleartrip atau paytm yang sudah aku jelaskan di atas.

INCREDIBLE INDIA CALENDAR

Aplikasi Traveling

Harus tahu dong kapan aja waktu terbaik atau event terbaik yang akan di adakan di India seperti Festival Holi, jangan sampai seperti aku yang beli tiket pesawat tidak sesuai perkiraan. Niat mau ikut festival holi di India eh malah kelewatan, karena festival holi ternayata tidak di adakan di tanggal yang sama setiap tahun nya. Jadi harus banget download India Calendar agar tahu tanggal event yang akan dating. Aplikasi ini dikelola oleh pemerintah India.

Berikut aplikasi yang wajib install di smartphone untuk memudahkan perjalanan selama di india. Jika ada tambahan aplikasi lain yang berguna, silahkan comment di bawah ya, Terima kasih.

Ciao!
-WS-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here