Cara Meminta Izin Liburan Kepada Orang Tua – Halo kali ini aku akan membagi sedikit tips mungkin akan berguna buat kalian semua, oke langsung saja ke pokok pembahasan ehehe..

1. Pilih Waktu Yang Tepat Untuk Bicara ke Orang Tua

Gimana sih milih waktu yang tepat untuk izin ke orang tua? Kalau tips dari aku selagi mereka tidak dalam keadaan bete, tidak sedang marah pada kita, dan tidak lagi kebelit hutang hehe. Waktu yang tepat sebenarnya sehabis selesai solat atau ibadah. Contohnya yang aku lakuin waktu itu izin pergi ke mama setelah kita selesai ngaji bareng, nahhhhh disitu adalah moment yang tepat untuk bilang kalau kalian mau pergi liburan. Poin nya beliau gak akan marah karena habis ngaji biasanya hati akan calm down hahaha

Nah, tadi kan tips dari aku izin ke mama, karena buat aku mama itu udah kayak sahabat sendiri jadi beliau pasti dukung apa aja yang aku lakukan selagi itu hal positif. Sedangkan izin ke orang tua laki yaitu ayah atau papah, kita butuh waktu yang intens dan intim. Kalau poin pertama berhasil dan dapat ijn dari mama, segeralah bujuk mama untuk bicara ke papah. Biasanya papah akan luluh jika mama yang bicara. Jika tidak berhasil juga, ikutilah tips dari aku. Technically, aku gak pernah izin formal ke papah karena aku tahu papah gak akan izin secara cuma-cuma apalagi aku bisaanya jika pergi traveling bersama sahabat laki-laki dan lebih sering sendiri. Absolutely, beliau pasti bilang tidak. Orang tua mana sih yang gak getar-getir tahu anak gadis satu-satunya mau pergi jauh, sendiri pula. Jadi, aku selalu bilang dan izin ke beliau ketika pesawat mau take off. (Jangan di contoh please!)

2. Jaga Sikap dan Intonasi Bicara

Nah ini yang paling penting, eh nggak penting-penting amat sih tapi bisa dibilang ini trik paling ampuh, menjaga sikap dan intonasi is a must! Kenapa harus? Karena sekeras kerasnya batu jika di jatuhi hujan terus menerus juga akan luluh sama halnya seperti ingin bicara ke orang tua kita, bersikaplah seperti anak TK yang ingin meminta izin pergi studi tur ke kebun binatang.

Bersikap manis, lembut, adil dan bijaksana. Jika sedang bicara kepada beliau usahakan gelendotan, peluk cium, pijet kakinya kalau perlu pijet seluruh badan haha. Jangan bicara terkesan kita ingin mereka meng-iya-kan dan harus memberikan izin secepatnya, tapi cobalah bicara dengan intonasi yang pelan dan lemah lembut serta mintalah saran kepada mereka ketempat mana yang ingin dikunjungi sehingga menimbulkan forum diskusi antara kita dan orang tua.

3. Jual Diri ke Orang Tua (SELF BRANDING)

Sama hal nya dengan marketing atau SPG bagaimana mereka menawarkan produk mereka dengan cara baik dan sangat menjual. Jual diri kita kepada orang tua itu perlu karena semakin pintar kita menjelaskan siapa diri kita kepada mereka semakin bisa jugalah mereka percaya akan kemampuan yang kita miliki.

Ciptakan image baik dengan orang tua, tunjukan kalau kita memang mandiri, gak manja, bisa jaga diri, dan bisa kontrol diri sendiri. Contohnya self branding yang aku lakuin seperti, aku tidak pernah berbohong untuk pergi kemana pun dan dengan siapa pun. Jangan pernah mengesampingkan pendidikan untuk hobimu.

Kedepankan apa yang mereka amanati, traveling adalah bisa dibilang bucket list yang akan dituju. So, persiapkan diri untuk menjual diri kepada orang tua dengan cara tidak mengecewakan mereka dalam hal pendidikan (untuk yang masih sekolah atau kuliah, buat yang udah kerja mah kayanya bebas bebas aeee).

4. Ambil Hati dan Bujuk

Nah kalau ini sih optional jika poin ke dua belum berhasil. Memang ini tindakan klise tapi bisa membantu kita mendapat kan izin. Selama beberapa waktu mereka akan memeperhatikan perubahan sikap kita dan memudahkan kita mendapat izin. Mengambil hati orang tua adalah hal yang tersulit yang pernah ada di banding mengambil hati para mantan.

Etseeeeh kenapa gitu? Yaiyalah karena mantan sudah punya pendamping hidup yang baru wahaha engga deng yang benar karena menurut aku pribadi orang tua adalah perangkat makhluk Tuhan yang paling tinggi di dunia. Jika tak dapat izin dari orang tua sepertinya perjalanan yang akan dilakukan akan terhambat karena tidak ada selipan doa terbaik dari mereka. Cara bujuk membujuk paling ampuh ialah tidak menolak jika mama menyuruh apa saja, kerjakan pekerjaan rumah dengan segera dan rapi ( untuk yang tinggal bersama orang tua ).

Untuk kita yang jauh dari orang tua, usahakan setiap hari berikan perhatian lebih, menelpon dan menanyakan kabar mereka serta mengingatkan hal-hal kecil seperti “jangan lupa makan ya pah, selamat tidur ma” tanpa kita sadari perhatian kecil seperti itu sedikit demi sedikit akan membuat orang tua bahagia secara tidak langsung.

5. Jelaskan Detil Perjalanan dan Pastikan Aman

Jika kita tidak menjelaskan dan hanya asal menyebut tujuan perjalanan tanpa menjelaskan aneka ragam kegiatannya maka itu akan mempersulit kita mendapatkan izin. Cobalah untuk menjelaskan detil perjalanan yang akan kita lakukan, mulai dari kota dan negara tujuan, jenis penginapan, pergi dengan siapa, hingga hal apa saja yang akan kita lakukan selama perjalanan.

Kita juga harus bisa menjelaskan dan meyakinkan kepada orang tua bahwa perjalanan yang kita persiapkan dari jauh hari itu aman. Biasanya, jika sudah mengetahui informasi tersebut orang tua bisa yakin dan mempertimbangkan untuk memberikan kita izin.

6. Versi Yang Baik, Bilang Dari Jauh Hari

Nah, usahakan bilang dari jauh hari yah. Tapi kalau versi Aku H-1 jam sebelum pergi (tapi jangan di contoh ya, sangat gak baik apalagi orang tua kalian punya sakit serangan jantung wahaa bisa berabee ).

Seperti yang udah aku sampaikan di poin pertama yaitu aku selalu meminta izin ke papah sebelum take off. Pleaseeee, ini jangan ditiru kalau papah kalian punya serangan jantung karena aku telah berkali-kali bikin beliau menangis sebelum berangkat dan berkali-kali juga minta maaf pada beliau (karena aku gak mau jadi anak durhaka haha). Hal yang paling baik yang harus kita lakukan adalah bicarakan jauh hari sebelum keberangkatan, tunjukan tiket pesawat jika memang sudah terbeli dan orang tua biasa nya akan mempertimbangkan izin.

Jarang terjadi orang tua yang senang dengan rencana dadakan apa lagi jika berpergian sendirian seperti yang aku lakukan. Maka dari itu pastikan kita memberi tahu rencana perjalanan dari jauh hari. Misal hari ini belum diberi izin toh kita masih punya banyak waktu untuk merayu dan meyakinkan orang tua.

7. Jangan Minta Uang ke Orang Tua

Memang sih untuk pelajar ataupun mahasiswa akan sangat jarang jika tidak minta uang dari orang tua tetapi maksud tidak minta uang orang tua dalam hal ini pastikan kamu telah mempersiapkan uang dan tabungan untuk diri sendiri dan untuk perjalanan kita sendiri.

Orang tua akan berpikir dua kali unutuk memberikan izin YA! Karena uang untuk perjalanan yang akan kita lakukan tidak meminta uang dari orang tua. Aku pribadi mengumpulkan uang untuk berpergian, untuk traveling sejak jauh hari seperti berjualan di online shop, menitip keripik di kedai, menabung di celengan, investasi uang di Arisan. Haha! Selamat menabung guys..

8. Berdoalah!

Setelah kita melakukan proses di poin satu hingga ke tujuh, yang hanya bisa kita lakukan untuk terakhir kali adalah berdoa, berdoa, dan berdoa. Mintalah kepada Tuhan agar hati orang tua kita bisa luluh dan memberikan izin, biarkan Tuhan bekerja dengan caranya.

Ikhlas dan siap menerima keputusan apapun yang diberikan orang tua. Jika kalian berhasil kasih tahu aku ya, kalau semua poin diatas juga belum berhasil berkacalah mungkin ada yang salah di diri kita sampai orang tua susah mengizinkan, jika orang tua juga belum bisa memberikan izin, ketahuilah mereka saying pada kita dan tidak mau hal buruk terjadi kepada kita. Coba lagi, lagi dan lagi. Semoga berhasil!!

Jangan sungkan untuk bertanya mengenai tips izin ke orang tua mana tau aku bisa membantu, Jangan lupa comment tulisan ini yah maafkan jika salah dan kurang nya, semoga sedikit banyak memberikan manfaat. Amiinn…

 

 

 

Ciao!

-WS-

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here