“Everyone Can Fly” jargon salah satu maskapai Asia’s low-cost carrier idola para backpacker ini udah bukan rahasia umum, maskapai ini sering sekali memberikan promo Free Seats / Kursi Gratis. Air Asia mengeluarkan tiket promo sejak tahun 2011 kalau aku tidak salah, sejak saat itu tingkat traveler apalagi backpacker on budgetdi Indonesia makin meningkat, keluar negeri sekarang bukan lagi cuma mimpi.

Setahun aku bisa mendapatkan minimal tiga kali e-mail dari Air Asia dengan headline promosi Free Seats / Kursi Gratis / Tiket 0 Rupiah yang mereka tawarkan kepada seluruh pelanggan setia nya. Air Asia juga akan mengumumkan promo nya ini lewat semua media, mulai dari iklan di televisi, iklan di radio, sosial media facebook, twitter, Instagram hingga sekarang Air Asia berani menggunakan jasa influencer khusus nya para traveler yang sudah banyak pengikut nya demi mendapatkan antusiasme lebih banyak lagi dari masyarakat Indonesia.

Pertanyaan paling sering di tanyakan itu “habis berapa banyak ke negara A? atau berapa biaya semua dari tiket pergi sampe pulang keliling negara A B C?” Tak jarang aku jawab ke teman – teman kalo aku cuma habis 2.000.000 rupiah untuk 3 minggu perjalanan dari Vietnam hingga Laos misalnya, habis 1.000.000 rupiah untuk 1 minggu perjalanan Malaysia – Thailand Selatan sesuai pengalaman. Semua pasti kaget dan mengira bahwa aku bohong, cuma dengan budget segitu bisa ke beberapa kota dan beberapa negara di Asia Tenggara, challenging kan? Salah satu penunjang bisa jalan – jalan murah itu adalah tiket pesawat yang murah, kenapa aku bisa bekpekeran semurah itu? Karena aku adalah salah satu hunter kursi gratis nol rupiah dan free seats nya Air Asia sejak jaman kuliah tahun 2013. Walaupun harus begadang sampai subuh, rebutan sana sini dan apessssssh banget karena di tanggal yang kita mau abis, tapi teteup weh kekeuh dijabanin sampai dapat itu kursi gratis!

2019 ini tepat nya di bulan Maret tanggal 9 Air Asia mulai mengeluarkan lagi promo andalan nya yaitu Free Seats / Kursi Gratis. Nah, kalau di flyer Air Asia pasti ada pengumuman gini “Akses prioritas khusus anggota BIG 9 Maret 2019 (23:00) & untuk umum 10 Maret (23:00)” Jika baru pertama kali baca dan tahu tentang promo Air Asia pasti bingung terus nanya ini maksutnya akses prioritas apa sih? Baiklah, akan aku bahas satu persatu tahapan mendapatkan kursi gratis / free seats dari Air Asia, serta tips berdasarkan pengalaman pribadi.

Kursi Gratis Air Asia
[ WARNING : KURSI GRATIS = BUKAN TIKET GRATIS ]

Langsung aja kali ya? Aku udah kebanyakan bacot ngomong mulu haha

1. Bisa tau ada promo dari mana sih?

Hal pertama para hunter promo harus lakukan adalah daftar menjadi member Air Asia di website nya nya www.airasia.com gratis kok gak ada biaya apapun, nah setelah mendaftar menjadi Anggota BIG dan buat akun, subscribe atauberlangganan informasi dari Air Asia dan jangan lupa di aktifkan biar nanti kalau ada promo ada yang ingetin. Jangan lupa juga untuk follow semua social media Air Asia, jadi gak bakalan tuh ketinggalan info dan gak kebagian kursi.

Kursi Gratis Air Asia
www.airasia.com – klik Login/Daftar

2. Alat Perang

Setelah buat akun, silahkan siapkan laptop, komputer atau smartphone, kemudian bisa langsung buka website www.airasia.com stand by 2 jam sebelum promo dimulai, dan di smartphone bisa di download dulu dua aplikasi nya yah di Air Asia dan Air Asia Big.

Kursi Gratis Air Asia
Kursi Gratis Air Asia

Jangan lupa internet harus kenceng ya tjoy! Harus lancaaaar jaya, karena itu yang mantengin dan berburu kursi gratis bukan cuma kamu seorang tapi jutaan orang huahaha jadi siap – siap deh rebutan di waktu bersamaan. Silahkan login dan siap – siap berburu, gunakan browser yang cepat seperti google chrome atau mozila firefox. Koneksi Internet Stabil = Sukses Berburu Kursi Gratis

Kursi Gratis Air Asia

3. Rute Tujuan dan Waktu

Para hunter sebaiknya udah tau tujuan mau kemana, kapan dan waktu cadangan atau alternatif. Buatlah daftar destinasi dan tanggal yang bisa untuk mengajukan cuti dan libur kuliah bagi mahasiswa, semua harus sudah tercatat rapih dan jangan lupa alternatif tujuan serta tanggal cadangan buat antisipasi jika tujuan dan tanggal yang kamu mau udah di rebut sama orang duluan. Siapkan buku catatan dan kalender di samping kopi yes!

Contoh :
a. Medan – Kuala Lumpur 20 September 2019
b. Medan – Bangkok 2 Oktober 2019
c. Medan – Phuket 5 Februari 2020
d. Kuala Lumpur – Delhi 12 Maret 2020
e. Kuala Lumpur – Jaipur 8 Januari 2020

Berikut contoh rute tujuan destinasi yang ingin di tuju serta tanggal – tanggal yang sudah di pikirkan akan bisa berangkat gimanapun caranya nanti. Mulai dari poin a dulu yang paling ingin kamu pergi, misalkan poin a sudah habis ludes tiket nya di rampas cantik sama orang coba terus sampai dapet di bulan berikutnya dan tahun berikutnya sampai tenggat waktu promo habis, lanjut ke poin b, c, d dan seterusnya. Kunci berburu kursi gratis ini cuma satu, SABAR. Gakan pernah dapat kalo kamu gak sabaran dan udah nyerah duluan, rusak cinta kalo gak sabar *aelaah apaan sik*

Jika ingin berangkat ke negara yang tidak ada penerbangan nya langsung dari Indonesia biasanya akan transit dahulu via Kuala Lumpur, karena home based nya Air Asia itu di Malaysia, jangan langsung beli dan issued tiket misalkandari Surabaya – Hongkong, nah ini akan lebih mahal tetapi cari dan issued lah manual satu per satu misalkan Surabaya – Kuala Lumpur, Kuala Lumpur – Hongkong. Kita bisa sesuai kan sendiri dan atur waktu nya sendiri. Be smart traveler tjoy!

  • Untuk Mahasiswa bisa sambil menyiapkan kalender akademik di samping untuk menyesuaikan sama jadwal libur semester dan kapan bisa berangkat di hari libur kampus yang lumayan hampir dua bulan itu. Manfaatkan kursi gratis Air Asia ini untuk jelajahi dunia sebelum stuck sama kerjaan jika udah kerja haha.
  • Untuk Karyawan dan memiliki waktu cuti terbatas coba carilah informasi tanggal merah dan long weekend di kalender, lalu cocok kan dengan periode promo Air Asia.
Kursi Gratis Air Asia
Sumber : travelmore.co.id

[ Tips : Jangan pernah membuat agenda perjalanan dan mencari kursi gratis di weekend dan tanggal merah karena gak bakal ada, cari lah di hari bisa dan dua hari sebelum weekend, pasti kebagian! ]

4. Metode Pembayaran

Dari pengalaman aku membeli tiket promo Air Asia, jika kita ambil rute dari Indonesia misal kan dari Medan – Kuala Lumpur atau Jakarta – Singapore pasti ada opsi bayar melalui Indomaret, Alfamart dan mini market lain nya atau bisa menggunakan transfer internet banking dan debit kartu Indonesia.

Kursi Gratis Air Asia

Kalau kita klik pilihan perbankan Internet (debit langsung) nanti bakalan keluar tuhpilihan pembayaran seperti di atas biaya nya hanya Rp. 10.000.

Kursi Gratis Air Asia

Untuk yang gak mau repot dan gak punya kartu kredit atau debit bisa banget kok bayar di Alfamart atau Indomaret terdekat. Segampang itu tjoy! Gak ada alas an gak bisa beli lah, semua pasti bisa. Tapi jika berburu kursi gratis nya pukul 2 malam dan milih buat bayar di Indomaret, buat yang cewek khususnya jangan pergi bayar sendirian ye ke indomaret atau alfamart bae bae kena begal.

“Oiy wis ini aku mau beli tiket pulang Kuala Lumpur – Jakata kenapa gabisa bayar di Indomaret juga?” nah, emang iya nih aku juga dulu gitu waktu pemula banget pas mau beli tiket tujuan Kuala Lumpur – Ho chi Minh, Vietnam kan harga yang keluar itu jadi MYR bukan IDR lagi dan pembayaran juga jadi gabisa segampang yang tadi.

Kursi Gratis Air Asia

Tampilan menu pembayaran nya akan kaya gini jika ambil rute dari Malaysia ke negara lain atau dari negara lain ke Indonesia, yang keluar hanya metode pembayaran via Kartu Kredit, Debit dan Internet Banking Bank Luar Negeri.Solusi nya gimana dong? Tenaaaaaang.
Solusi nya bisa baca di sini poin nomor lima.
Sudah dibaca? Tinggal download dan beli dari aplikasi itu ya, gampang dan cepat, bayar nya juga bisa via internet banking Indonesia dan transfer bank, bisa juga dipake kalau kita lagi di luar negeri asal nomor telepon untuk konfirmasi kode otp nya aktif ya.

5. Berburu Kursi Gratis

Akhirnya yah, gimana cara dapetin info promo sudah tahu, alat perang yang kudu di siapkan sudah ready, internet kencang juga sudah, rute tujuan lengkap dengan tanggal nya juga sudah, metode pembayaran siap dan udah tahu trik nya. Sekarang saat nya memburu si kursi gratis.

a. Buka Aplikasi Air Asia Big yang tadi sudah di download di smartphone atau di website www.airasia.com , kemudian langsung pilih destinasi mana yang ingin di tuju serta tanggal keberangkatan yang sudah cocok dengan periode terbang dari Air Asia.

Pilih yang paling termurah di antara yang murah, kalau dari Aplikasi Air Asia Big Loyalty itu pilih yang 0 pts, jadi setelah proses pembayaran tinggal membayar Air Port Tax nya saja. Contoh : Kuala Lumpur – Krabi aku ambil yang paling murah, hanya 49 MYR = Rp. 170.000 an aja.

Kursi Gratis Air Asia
Kursi Gratis Air Asia

Nah, jika di aplikasi tampilan kursi gratis nya akan seperti ini, tampilan yang 0 pts itu artinya rute tersebut terdapat kursi gratis, tinggal di cari – cari aja tanggal nya. Sedangkan untuk rute yang gak tertulis 0 pts itu ibaratkan mantan, lupain aja. Gabakalan ada kebagian kursi gratis tapi tiket murah masih bisa di dapat.

b. Setelah dapat destinasi yang di inginkan, harga juga sudah cocok, lanjutkan saja sampai proses pembayaran nya tjoy, harus ligat cepat selesaikan pembayaran, untuk penambahan bagasi, makanan dan lain – lain bisa nanti di atur di My Booking, yang penting kursi gratis udah di beli dulu yang lain mah nyusul bisa.

Kursi Gratis Air Asia

Nanti bisa pilih semuanya di My Booking ya, klik aja Modify lalu nanti bisa edit itinerary nya, mau nambah bagasi, makanan, milih kursi ulang, asuransi, airport shuttle, ganti nomor hape bisa semua kok jadi tips nya tadi segera selesaikan pesanan tiket dan selesaikan pembayaran, yang lainnya bisa nyusul.

c. Tiket sudah di tangan, kursi gratis udah di dapat silahkan berburu lagi tiket lainnya, untuk pulang dan pergi. Ingat! JANGAN KALAP. Aku adalah korban kursi gratis Air Asia akibat kalap murah banget dan akhirnya kebuang sia – sia, beli tapi gak pergi. Nih contoh tiket kalap aku yang hangus :

Kursi Gratis Air Asia

Ini akibat nafsu waktu tahun 2015 lalu main beli aja karena iseng banget buka Jakarta – Singapore Cuma 80.000 total semua sama biaya admin Rp. 100.000 alhasil hangus, untung murah ya jadi ga gigit jari bangeeeet huahahahaha.

Kursi Gratis Air Asia

Ini angus karena balik dadakan jadi beli tiket baru, lumayan 1,8 juta untuk dua orang hangus gitu aja haha beli tiket baru lebih awal dari Jaipur karena satu dan lain hal huhu. Kalap juga sih ini Namanya, pelajaran banget karena kalo mau trip agak lama dan flexible jangan beli tiket pulang, beli nya nanti aja pas udah beneran mau pulang. Emang sih harga nya jauh beda promo sama gak promo.

Kursi Gratis Air Asia

Upcoming Flight calon – calon bakalan hangus ni karena kerjaan. Korban kalap juga promo Air Asia tahun lalu beli untuk tahun ini bulan April, dasar Wisa si Tukang Buang – Buang Uang *ngomelin diri sendiri*.

d. Contoh yang sudah issued kursi gratis :

Kursi Gratis Air Asia

6. Gratis Kok Bayar?

Kursi GRATIS adalah program promo spesial yang diberikan Air Asia kepada tamu dan tamu hanya akan membayar pajak bandara (Airport Tax) untuk bisa terbang. Jadi inti nya kursi nya gratis, pajak nya bayar. Kurang baik apa tuh Air Asia tjoy?

7. Itinerary

Kursi Gratis dan Tiket Murah sudah di tangan, saat nya menulis itinerary perjalanan yang akan datang. Ini penting banget dan paling menyenangkan sebelum pergi karena kita riset kita mau kemana aja, nginap di mana aja dan blog-walking terus ngebayangin kalo kita bakal kesana lalu nyusun keuangan untuk di tabung selama menunggu penerbangan. Nih ada contoh itinerary yang pernah aku buat di sini dan di sini

Apasih untung nya berburu kursi gratis dan tiket murah?
Buanyaaaaaak banget untung nya tjoy! Sensasi nya itu loooh dan rasa nya bangga puas luar biasaa dan yang paling penting menekan budget pengeluaran dalam perjalanan loh, yang bisa di alokasikan untuk keperluan lain seperti penginapan atau bisa kulineran cantik di sana nanti.

6 hal penting dari AirAsia yang perlu banget dicatat dan diingat :

  • Anda hanya akan memiliki waktu maksimum 10 menit di setiap halaman ‘Cari’ dan ‘Cari Penerbangan’. Jika Anda menghabiskan waktu lebih lama, Anda akan diarahkan ke ‘Ruang Tunggu’
  • JANGAN mencoba membuka banyak tab menggunakan browser yang sama untuk mencari tarif karena ini bisa membuat Anda tidak bisa booking / membayar. Anda berisiko mendapatkan tanggal perjalanan yang salah!
  • Pastikan Anda telah mematikan pemblokir pop-up supaya proses pembayaran berjalan mulus.
  • Anda akan diarahkan ke ‘Ruang Tunggu’ ketika pencarian Anda membutuhkan banyak waktu. Jadi, jangan me-refresh browser saat Anda berada di sana, karena itu dapat membukakan ‘Ruang Tunggu’ yang benar-benar baru .

8. Doa dan Izin Orang Tua

Terakhir, banyak – banyak berdoa dan sedekah biar segala urusan pertiketan dan per kursi gratisan ini di ridha-in sama Allah. Jangan lupa juga izin orang tua buat dedek – dedek gemashhh yang mau mulai backpackeran dan travelingan izin orang tua itu sangat penting! Gimana cara nya buat yang mau pertama kali izin ke orang tua? Nih baca di sini !!

Segitu dulu aja yah tjoy tentang bagaimana Cara Mendapatkan Kursi Gratis Air Asia, semoga tulisan aku kali ini bermanfaat untuk para hunter tiket murah dan kursi gratis Air Asia dan bisa ngejawab semua pertanyaan tentang kursi gratis Air Asia yah. Jangan sungkan kalau mau tanya apapun, tulis aja di kolom comment di bawah, In Shaa Allah akan aku jawab. Selamat berburu Kursi Gratis Air Asia. Ciao!

-WS-
@ohwisa


2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here