Penang merupakan sebuah Negara Bagian Malaysia yang disebut juga dengan Negeri Pulau Pinang karena Penang merupakan suatu pulau, Penang mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan Indonesia maupun dunia dengan George Town sebagai ibu kota negara bagian Pulau Pinang yang resmi tertulis sebagai situs warisan dunia di UNESCO. Penerbangan dari dan menuju Penang yang bisa dibilang lebih murah dari Kuala Lumpur membuat kota ini mulai ramai dikunjungi wisatawan. Untuk wisatawan yang mendarat di Penang dan ingin melanjutkan perjalanan ke Kuala Lumpur pilihan transportasi bus dari Penang ke Kuala Lumpur adalah pilihan tepat untuk menghemat budget traveling karena lebih murah dibanding dengan transportasi lainnya seperti pesawat terbang dan kereta.

Terminal Bus Penang

Terminal Bus Penang ada beberapa yang melayani keberangkatan ke Kuala Lumpur, umum nya untuk mencapai Kuala Lumpur bus memulai perjalanan dari terminal komtar, terminal sungai nibong dan terminal penang sentral di seberang pulau. Kami memilih terminal sungai nibong sebagai pilihan karena dekat dengan Penang International Airport hanya sekitar lima belas menit perjalanan daripada harus ke terminal komtar. Untuk wisatawan yang menginap di daerah george town atau komtar aku sarankan untuk memilih terminal komtar karena lebih dekat akses nya.

Terminal Sungai Nibong

Jadwal Bus Penang ke Kuala Lumpur

Jadwal keberangkatan Bus Penang ke Kuala Lumpur banyak pilihan mulai dari pukul dua belas pagi hingga dua belas malam tergantung kecocokan waktu traveling masing-masing ya guys. Pilih aja mana yang cocok sesuai kebutuhan dan mereka juga ga on time kok sepengalaman kami kemarin telat sekitar lima belas menit dari waktu yang tertera di tiket bus. Untuk lihat lebih lengkap jadwal bus Penang ke Kuala Lumpur bisa cek di easybook atau redbus.

Jadwal Bus Penang ke Kuala Lumpur by easybook.com

Lama Perjalanan Bus Penang ke Kuala Lumpur

Perjalanan menggunakan bus dari Penang ke Kuala Lumpur sekitar empat hingga enam jam tergantung kondisi lalu lintas selama perjalanan. Kami mengambil keberangkatan pada pukul 12:45am dan perkiraan akan tiba di Kuala Lumpur pada pukul 05:30am.

Trip Information Bus Penang ke Kuala Lumpur via easybook.com

Tiket Bus Penang ke Kuala Lumpur

Tiket Bus Penang ke Kuala Lumpur dapat di beli on the spot di terminal bus masing – masing pilihan, tetapi tidak menjamin ketersediaan kursi jika sedang musim liburan. Membeli tiket bus di situs booking online seperti easybook atau redbus sangat aku sarankan karena bisa memilih kursi dan yang paling penting bisa dapat diskon di aplikasi yang sudah di download di smartphone. Setiap situs booking online memiliki kode promo tersendiri dan sepengalaman aku membeli tiket bus online di easybook, aku menggunakan kode promo ‘APP5’ dan langsung mendapatkan potongan harga, lumayan kan guys untuk makan haha

Baca : Review Aplikasi Untuk Traveling

Tiket Bus Setelah Print di Kaunter Terminal

Harga Bus Penang ke Kuala Lumpur

Harga Bus Penang ke Kuala Lumpur bermacam-macam mulai dari 30 RM hingga 40 RM sesuai dengan operator penyedia jasa layanan bus yang tersedia. Pilihan kami jatuh pada Billion Star Express Bus dengan harga 38 RM/orang belum termasuk diskon aplikasi. Total untuk dua tiket bus hanya 64.60 RM atau Rp. 222.704 semurah itu guys!

Invoice Harga Tiket Bus Penang ke Kuala Lumpur via easybook.com

Kaunter Tempat Penukaran Tiket di Terminal Sungai Nibong

For Your Information : Tiket Bus Penang – Kuala Lumpur yang sudah kita beli di aplikasi tidak serta merta bisa langsung digunakan ya, setelah tiba di tempat kita harus menukarkan dengan tiket kertas nya di salah satu kaunter yang sudah ditunjuk untuk mendapatkan nomor plat bus di sana. Untuk info ini bisa langsung tanya ke pusat informasi atau security, tapi kalau kalian malas bertanya langsung saja ke lantai atas terminal sungai nibong dan pergi ke kaunter nomor 22 bilang saja mau print tiket dari easybook dan mereka langsung nanya kode booking di handphone kalian, semudah itu guys.

Review Bus Penang ke Kuala Lumpur

Review Bus Penang ke Kuala Lumpur dari aku pribadi sangat baik, jika disuruh kasih penilaian berupa bintang aku akan kasih bintang ★★★★ dari lima bintang, dari dulu hingga sekarang bus Malaysia belum pernah mengecewakan selain pendingin udara nya yang aku gak bisa banget tahan. Saran aku buat kalian yang gak tahan dingin bisa deh pake jaket tebal dan celana jeans jangan pake celana pendek dan kaus kutang guys, kalian bunuh diri namanya! Karena kondisi mata yang sudah kriyep kriyep ngantuk baru pulang kerja aku tidak sempat mengambil foto di dalam bus, mohon di maafkan ya guys haha tapi akan aku sertakan gambar di dalam bus.

Bus yang kami naiki double decker yaitu bus dengan model dua tingkat atas dan bawah kondisi bus sangat nyaman dengan kursi susunan 2-1, kursi sangat nyaman dan luas dengan bantalan empuk, ruang untuk kaki yang juga cukup luas tapi bus tidak menyediakan selimut seperti bus Medan menuju Banda Aceh yang lengkap dengan selimut. Sangat nyaman dan tidak mengecewakan untuk harga serratus ribu rupiah lebih kamu bisa tidur nyenyak dari Penang ke Kuala Lumpur dan yang paling penting hemat penginapan kan?

Pssssst..overnight transportation jadi pilihan kegemaranku sejak 2013 memulai traveling karena menghemat penginapan semalaman.

Kondisi di dalam Billion Star Express Bus (source:12go.asia)
Aku dan Jaket Jeans Tebalku ☻

Selama perjalanan Penang menuju Kuala Lumpur kami tidur karena lelah, bus hanya berhenti satu kali untuk mempersilahkan penumpang untuk membeli minum atau pergi ke kamar kecil dalam waktu sekitar lima menit. Kami membeli air mineral dua botol dan roti untuk mengganjal perut yang keroncongan. Jangan lupa pakai face mask guys untuk menghindari virus dan jaga-jaga aja.

Kuala Lumpur We Are Coming!!!

Terminal Bus Kuala Lumpur – KL Sentral

Terminal Bus di Kuala Lumpur juga banyak tergantung di mana pilihan kalian akan berhenti, beberapa terminal di Kuala Lumpur yang melayani pemberhentian bus dari Penang ysssaitu Hentian Duta, Terminal Bersepadu Selatan dan KL Sentral. Kami memilih pemberhentian di terminal bus KL sentral karena memang tepat ditengah kota dan mudah untuk akses ke mana saja.

Kuala Lumpur Sentral

Kami tiba tepat pukul lima pagi di terminal bus KL Sentral dan belum ada tanda-tanda kehidupan, terminal bus KL Sentral berada di lantai bawah dan jika kalian tiba pagi seperti kami naik lah ke lantai atas dengan escalator untuk solat subuh di surau nya yang sangat bersih dan terus mencari McDonald’s yang buka 24 jam untuk sarapan atau ke kedai ABC Bistro di sebrang KL Sentral untuk sarapan roti canai ala masyarakat lokal Kuala Lumpur.

Total Biaya Dalam Perjalanan Penang Ke Kuala Lumpur

Grab dari Penang Airport ke Terminal Sungai Nibong : 13 RM / Rp. 44.109
Bus Penang ke Kuala Lumpur : 64.60 RM / Rp.219.124
Air Mineral & Roti : 4.50 / Rp. 15.264
Total : 82.10 RM / Rp. 278.565 / 2 orang
Note Kurs 1 RM = Rp. 3.391

Lokasi Terminal

Segitu dulu cerita pengalaman naik bus dari Penang ke Kuala Lumpur yang bisa aku sampaikan, ditunggu ya untuk cerita perjalanan pengalaman naik transportasi lainnya. Pulang dari Kuala Lumpur ke Penang ingin tahu gak kami naik transportasi apa? Kalau ada yang bisa menebak, tulis di kolom komentar di bawah ya. Feel free to ask informasi apapun tentang bus Penang ke Kuala Lumpur, bisa kontak aku ke Instagram @ohwisa guys! See ya in another story..