Sudah lama sekali rasanya tidak makan chinese food, nasi ayam chee meng ini mengingatkan aku akan kota kelahiran. Aku dibesarkan di kota Pontianak yang mana hampir 30% penduduk di lingkungan tempat aku dibesarkan adalah keturunan bangsa Tiongkok, bahkan ibu dari ayah yaitu nenek ku juga keturuanan Chinese, jadi tidak asing bagiku untuk makan makanan Chinese. Chinese food kesukaanku yang sering aku makan di kota Pontianak adalah chai kue, dumplings, tau fu fah, dimsum dan masih banyak lagi sebenarnya haha dasar aku rakus 😀

Sejarah Nasi Ayam Hainan

Nasi Ayam Hainan adalah satu dari banyak makanan khas dari negeri China, I’m not sure sebenarnya ini dibilang ayam hainan atau hailam tidak ada penjelasan berarti setelah browsing kesana kemari hasilnya adalah sama yaitu nasi ayam khas dari Provinsi Hainan, China dengan ayam yang khas. Hidangan ini dinamakan nasi ayam Hainan karena dipopulerkan oleh masyarakat Hainan yang berada di kawasan Nanyang.

Nasi ayam Hainan juga terkenal di beberapa wilayah Asia Tenggara seperti di Singapura, Malaysia, Thailand dan Indonesia. Indonesia dan Malaysia memiliki kedai makan Chinese food yang tersebar, beberapa kedai makanan khas China menjual hidangan nasi ayam Hainan tetapi sangat jarang yang memiliki sertifikat halal untuk masyarakat muslim, walaupun hidangan ini ayam sebagai muslim tentunya harus waspada karena tidak semua yang bukan babi itu halal, karena sebagai muslim kita juga harus memperhatikan cara pengolahan ayam, kehalalan pada bumbu maskannya, tidak berbahaya bagi kesehatan dan bebas dari apa pun yang dianggap kotor atau najis berdasarakan hukum islam.

nasi ayam chee meng
Ayam Hainan Goreng

Sejarah Restoran Nasi Ayam Chee Meng

Nasi Ayam Chee Meng berdiri sejak tahun 1965 oleh Tuan Yeok Kai Seng. Saat itu kedai nasi ayam chee meng dikenal sebagai “Chee Meng Kai Fun” yang berarti nasi ayam populer ketika pertama kali dibuka, kedai yang didirkan oleh Mr. Yeok bukanlah kedai besar tetapi dim ulai dari kios kecil yang berdiri di Old Klang Road hingga tahun 1988. Chee Meng Kai Fun officially registered sebagai Nasi Ayam Chee Meng sebagai tanda pendirian bisnis yang stabil selama bertahun-tahun beroperasi.

Jika dihitung dari tahun berdiri hingga sekarang kami makan di sana, nasi ayam chee meng sudah berdiri selama 55 tahun loh! Untuk kedai makan authentic seperti ini pasti memiliki sejarah tersendiri di hati para pelanggan nya.

Baca juga : Sewa Locker Canggih di KL Sentral

Status Halal Restoran Nasi Ayam Chee Meng

Restoran nasi ayam chee meng sudah tidak diragukan lagi status kehalalan nya, restoran ini sudah mengantongi sertifikat Halal oleh Departemen Pengembangan Islam Malaysia (JAKIM) bukan Halal yang dibuat-buat atau hanya sekedar tempelan logo halal ya guys. Jadi untuk masyarakat muslim di seluruh penjuru dunia tidak usah was-was lagi untuk makan di restoran chinese food ini.

Suasana Restoran Nasi Ayam Chee Meng

Tidak susah untuk mencari restoran nasi ayam chee meng ini letaknya persis di dekat geprek bensu bukit bintang dan tidak jauh dari lurusan KFC bukit bintang yang selalu ramai di sore hari, dan hanya 300m jalan kaki dari stasiun monorail bukit bintang, Kuala Lumpur.

Suasana di Nasi Ayam Chee Meng cukup unik, tempatnya seperti ruko kedai kopi tiam, beberapa meja sudah terisi penuh pada petang itu, suasana di dalam dan diluar restoran juga ramai dikunjungi orang lokal maupun wisatawan. Kondisi di dalam ruangan agak panas karena tidak menggunakan AC, kalau tidak salah mereka menggunakan kipas angin sehingga udara sedikit pengap tapi itu bukan masalah besar. Jika kalian tidak tahan panas bisa duduk diluar ruangan.

nasi ayam chee meng
Restoran Nasi Ayam Chee Meng Bukit Bintang

Pelayanan Restoran Nasi Ayam Chee Meng

Thank God! Pelayanan di restoran nasi ayam chee meng lebih cepat dari dugaan kami, berhubung perut kami sudah meronta-ronta minta di isi kami lahap sampai lupa untuk memvideokan makanan yang ada disana dan hanya memesan nasi ayam paket tanpa side dish seperti kerabu manga atau dikenal mango salad ala Thai, sup wantan dan steamed beancurd nya yang cukup terkenal juga di restoran ini, haaaaaa menyesal! Pertanda harus balik kesana lagi untuk nyobain side dish lainnya.

Pegawai restoran nasi ayam chee meng ini tidak asing bagi saya logat yang mereka gunakan seperti orang Indonesia ya lebih tepatnya orang Jawa, tampaknya restoran ini merekrut pegawai dari Indonesia. Semua pegawai bersih dan rapih perempuan menggunakan jilbab dan laki-laki menggunakan topi dengan apron kuning khas nasi ayam chee meng.

nasi ayam chee meng
Pelayan Menyiapkan Hidangan Makanan

Presentasi dan Rasa Makanan

Wangi ayam Hainan yang khas itu sudah tercium semerbak dari kejauhan, kuah kecap yang disiram di atasnya membuat ayam montok itu glowing seperti siap di santap habis. Hidangan nasi ayam chee meng ini disajikan dengan saus cabe yang lumayan pedas dan sup kacang tanah kaldu ayam yang segar, menurut resep asli yang aku baca dari cookpad, nasi ayam Hainan juga seharusnya dipadukan degan bubuk jahe tetapi di nasi ayam chee meng tidak diberikan. Nasi ayam Hainan juga disajikan bersama irisan timun yang melengkapkan hidangan nasi ayam.

Karena ini kali pertama aku mencoba nasi ayam Hainan, ekspektasiku tidak terlalu banyak yang penting enak, dan benar saja first impression nyobain nasi ayam Hainan di sini super enaaaaak! Nasi yang disajikan bukan nasi putih biasa melainkan nasi putih yang sudah dimasak dengan air kaldu ayam dan beberapa rempah lainnya. Ayam yang sudah di marinated terlebih dahulu membuat bumbu masuk hinggga ke daging dalam, tekstur ayam nya lembut tidak amis, empuk dan gurih. Gurih yang dihasilkan sepertinya dari siraman saus kecap, sup dari kaldu ayam menambah kesegaran hidangan ini.
Perfecto!

nasi ayam chee meng
Hidangan Dua Paket Nasi Ayam Chee Meng
nasi ayam chee meng
Saus Cabe dan Sup Kacang Tanah Kaldu Ayam
nasi ayam chee meng
Ayam Tanpa Tulang dan Ayam Dada

Untuk minuman kami hanya memesan satu teh manis dingin dan satu teh jasmine dingin, nah untuk minuman agak kurang disini teh yang disajikan sedikit ngasal tidak ada rasa teh hanya seperti air dengan es, agak kecewa dengan harga yang lumayan mahal untuk segelas teh dingin.

nasi ayam chee meng
Es Teh Jasmine dan Teh O

Harga dan Menu Restoran Nasi Ayam Chee Meng

Harga nasi ayam chee meng dalam kategori sedang, tidak begitu mahal dan worthed untuk hidangan yang disajikan, kami memesan nasi ayam tanpa tulang dan nasi ayam dada, dua hidangan kami pesan pilihan untuk di goreng, belum berani mencoba yang di rebus karena takut amis hehe, jadi cari aman aja ya goreng!

Nasi Ayam Tanpa Tulang : RM 11.10 = Rp. 39.000
Nasi Ayam Dada : RM 10.10 = Rp. 35.000
Es Teh Manis / The O : RM 3 = Rp. 10.000
Es The Jasmine : RM 3 = Rp. 10.000

nasi ayam chee meng
Menu Restoran Nasi Ayam Chee Meng
nasi ayam chee meng
Menu Restoran Nasi Ayam Chee Meng

Lokasi dan Jam Operasional Nasi Ayam Chee Meng

Nasi ayam chee meng memiliki tiga outlet yaitu di Old Klang Road Kuala Lumpur, Glenmarie Shah Alam Selangor dan yang paling terkenal yang kami datangi yaitu di Bukit Bintang Kuala Lumpur.

  • Old Klang Road
    Sub Lot A-1, Batu 4 1/4, Jalan Kelang Lama, 58000 Kuala Lumpur.
    11.0 .m. to 800 p.m
    Open daily, closed alternate Tuesday
    03 983 6827
  • Glenmarie
    20, Jalan U1/36, Hicom Glenmarie Industrial Park, 40150 Shah Alam, Selangor D.E. 10.00 a.m to 5.00 p.m.
    Open daily, closed Sundays
    03 5569 9879
  • Bukit Bintang
    50, Jalan Bukit Bintang, 55100 Kuala Lumpur.
    11.00 a.m. to 10.00 p.m.
    Open daily, closed alternate Tuesday

Contact & Website

Restoran Nasi Ayam Chee Meng juga melayani catering dan delivery order bisa kontak ke email dibawah ini dan untuk kritik dan saran mereka juga bisa dihubungi melalui email.

Suggestions / complaints : enquiry@cheemeng.com.my
Catering and Delivery : catering@cheemeng.com.my
Website : http://cheemeng.com.my/
Facebook : https://www.facebook.com/nasiayamcheemeng/

Bagaimana apakah udah ngiler ni pasti udah pengen banget mau nyobain nasi ayam chee meng ini kan? Untuk yang berlibur ke Kuala Lumpur restoran nasi ayam chee meng yang paling mudah di temukan ya di daerah bukit bintang. Jangan diragukan lagi wueeeeenak e poooooool wajib masuk daftar list kuliner di Kuala Lumpur.

Kalau sudah nyobain tulis komentar di bawah ya, atau ada pertanyaan lainnya seputar restoran nasi ayam chee meng atau kuliner dikuala lumpur? Tulisa ja di kolom komentar di bawah aku akan senang hati membalas nya as soon as possible 😊

Ciao!
-WS-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here