Tidak ada yang lebih membahagiakan di cuaca Malaysia yang panas selain semangkuk es cendol durian runtuh yang berada di daerah kampung baru, chow kit, Kuala Lumpur, Malaysia. Cendol durian termasuk salah satu hidangan penutup kegemaran masyarakat Asia Tenggara khususnya Indonesia, Malaysia, Singapura dan Vietnam. Cendol juga masuk dalam daftar 50 makanan penutup (dessert) terbaik di dunia versi CNN.

Cendol adalah hidangan yang terbuat dari tepung beras yang dicampur pewarna alami yaitu daun pandan dan suji, cendol juga mempunyai banyak variasi kondimen seperti cendol Singapura yang memiliki kondimen kacang merah yang lembut, cendol elizabeth khas kota Bandung dengan tambahan kondimen gula merah kental, santan kental serta campuran potongan buah nangka yang manis membuat cendol khas elizabeth Bandung ini menjadi salah satu favorit aku pribadi, cendol dawet ayu khas jawa tengah yang wangi dengan gula merah yang lebih encer dan santan yang gak sekental cendol elizabeth Bandung dan kondimen yang beragam salah satunya ada yang menggunakan tape/tapai yang pernah aku coba di kota Yogyakarta.

Cendol durian khas Malaysia ini adalah salah satu favorit aku gimana gak favorit es cendol yang dicampur dengan kondimen lengkap seperti jagung, pulu, es serut dan salah satu kondimen favorit nya yaitu durian yang gede-gede dan ada juga yang dicampur dengan durian musang king. Vietnam dan kota Melaka Malaysia juga memiliki cendol yang terkenal katanya yang belum pernah aku coba, next time aku akan coba. Duh! Tidak ada kata bosan deh untuk mencicipi hidangan penutup satu ini. Kalian suka cendol dari daerah mana guys?

Cendol Durian Runtuh
Cendol Durian Runtuh

Tidak sah katanya kalau sudah tiba di Kuala Lumpur tidak mencicipi kuliner yang satu ini, cendol durian memang sudah banyak yang jual di Kuala Lumpur dari mulai pedagang kaki lima, di pasar, di food court, di food hall mall dan dimana-mana hidangan penutup satu ini menjadi kegemaran warga lokal maupun turis.

Cendol durian runtuh di chow kit, Kuala Lumpur ini sudah terdengar gaungnya kemana-mana, cendol durian ini sudah ada di daftar kuliner wajib aku ketika tiba di Kuala Lumpur. Trip ke Kuala Lumpur kemarin aku menginap di hotel daerah chow kit. Berhubung waktu check-in masih sekitar dua jam lagi aku memutuskan untuk googling kuliner sekitar hotel, voilaaa keluarlah semua rekomendasi tempat makan dari google dan aku tidak sadar ternyata hotel yang aku booking dekat banget dengan pusat kuliner kampung baru yang terkenal itu dan pasar chow kit, hanya butuh 5 menit dengan jarak 300m jalan kaki menuju cendol durian runtuh yang terkenal ini.

Suasana Kedai Cendol Durian Runtuh Chow Kit

Setelah menitipkan koper dan ransel kami langsung menuju ke lokasi, dengan berbekal google maps tibalah kami di kedai cendol durian runtuh saat jam makan siang, suasana di kedai cendol durian runtuh ini aku pribadi suka banget karena emang aku suka makan di daerah permukiman lokal, ditambah bonus view langsung ke twin tower makan es cendol durian chow kit berasa fancy, makan es cendol durian disini berasa banget ambience real Malaysia nya haha apasih aku. Walaupun terletak di sebelah pasar tapi kedai tidak bau dan tidak jorok, kekurangannya cuma sedikit ribut suara sepeda motor dan mobil truck pengantar sayur yang lalu lalang.

Untuk kalian yang hanya transit di Kuala Lumpur juga harus nyobain cendol durian runtuh, titip aja koper atau ransel di Sewa Locker Canggih di KL Sentral

Cendol Durian Runtuh
Suasana di Kedai Cendol Durian Runtuh Siang Hari
Cendol Durian Runtuh
Twin Tower View dari Kedai Cendol Durian

Jam Operasional Cendol Durian Runtuh

Cendol durian runtuh buka kedai mulai dari pukul 03:00 PM hingga 03:00 AM.
Benar saja pukul 12:00 AM dini hari ketika kami baru pulang dari jalan-jalan di daerah bukit bintang aku ngidam cendol durian lagi, iseng jalan sedikit beli buah di pasar malam chow kit dan langsung deh pesen es cendol durian lagi, kali ini kami order satu mangkok saja karena sudah kenyang makan Nasi Ayam Chee Meng Bukit Bintang (insert link tulisan nasi ayam chee meng) Nasi Ayam Chee Meng Bukit Bintang

Cendol Durian Runtuh
Suasana Kedai Cendol Durian Runtuh Malam Hari

Suasana cendol durian runtuh di malam hari juga ramai pengunjung loh, mulai dari anak-anak sampai dewasa gak absen kayanya makan es cendol durian chow kit ini. Cendol durian runtuh chow kit ini bisa banget jadi jajanan malam di Kuala Lumpur jika bingung mau kemana lagi, trust me gakan ada bosan dan nagih banget!

Pelayanan Cendol Durian Runtuh

Cendol durian runtuh menganut paham self-service ya mentemen, kamu berdiri beratur ikut barisan alias antri kemudian order, tunggu orderan selesai, ambil tray dan sendok sendiri lalu bayar di kasir dan bawa sendiri ke meja masing-masing ya ala-ala fast food gitu. Pelayanan abang yang membuat es cendol durian cukup ligat dan cepat, kasir juga gak nunggu lama, pekerja cendol durian runtuh juga banyak sehingga tidak perlu menunggu lama untuk menyantap semangkuk surga es cendol durian runtuh.

Presentasi dan Makanan Cendol Durian Runtuh

Kedai cendol durian runtuh chow kit ini gak cuma berniaga es cendol durian dan durian loh tetapi juga menjual berbagai makanan berat seperti nasi ayam penyet dan bakso, ada juga jus buah-buahan dan pasti nya durian musang king yang dijual terpisah sama cendol juga bisa dibeli loh, ada juga daging durian yang di pisahkan dari bijinya kemudian dimasukkan ke jar yang biasa dibuat menjadi sambal tempoyak atau pancake durian. Yummy!

Cendol Durian Runtuh
Presentasi dan Makanan Cendol Durian Runtuh

Karena kami datang pada jam makan siang dan si obos udah keroncongan jadilah kami order nasi ayam penyet dan semangkuk es cendol durian yang sudah tak tahan ingin aku jamah. Dari segi presentasi, ya biasa aja sih seperti kedai makan pada umumnya, kebersihan average tapi penampilan semangkuk es cendol durian menjadi juara di kedai cendol durian runtuh.

Rasa makanan tergolong enak banget untuk es cendol durian tapi kurang enak untuk nasi ayam penyet yang sambal nya asin banget dan ayam nya yang udah dingin, tekstur es cendol durian nya asli enak banget ga bohong. Suapan pertama yang bikin gabisa ngomong ini gakan aku lupakan, first impression aku es cendol durian ini akan kemanisan karena ngeliat warnanya yang mencolok dan sepertinya menggunakan pemanis buatan, eh ternyata semua fikiranku salah besar mereka benar-benar asli menggunakan santan dan gula murni beserta krimmer yang gabegitu banyak jadi bikin balance es cendol durian ini. Kondimen jagung yang menjadi pelengkap es cendol durian juga bikin jadi muantaap abis, dengan es serut dan durian yang lumayan banyak sekitar 5-6 potong di dalam mangkuk, aku sih yes!

Cendol Durian Runtuh
Visualisasi Semangkuk Es Cendol Durian
Cendol Durian Runtuh
Daging Durian dan Durian Musang King

Harga dan Menu Cendol Durian Runtuh

Cendol durian dengan harga RM13, kamu ga akan menyesal sama sekali karena isian cendol benar-benar banyak dan daging durian yang montok-montok you get what you pay! Mau take away juga bisa loh, dengan harga RM15 kamu akan bawa pulang satu bungkus cup gede dengan isian durian yang ga main-main, gak mau pake durian juga bisa, RM3 kamu udah dapetin cendol enak beserta kondimennya.

RM13 = Rp. 45000
RM15 = Rp. 52000
RM 3 = Rp. 15000

Cendol Durian Runtuh
Daftar Harga dan Menu Durian Runtuh Chow Kit

Lokasi Cendol Durian Runtuh

Lokasi Cendol Durain Runtuh ini terletak di 57, Lorong Raja Bot, Chow Kit, 50300, Kuala Lumpur. Untuk lebih mudah nya langsung aja klik direction maps di bawah ini :

Parkir menjadi masalah utama apalagi di jam makan siang dan sore, aku saranka berjalan kaki atau menggunakan transportasi publik. Jika membawa kendaraan pribadi seperti motor dan mobil carilah parkiran di sekitar atau pergi pada waktu malam hari agar mudah mendapatkan ruang untuk parkir di sekitar pasar chow kit Kuala Lumpur.

Nilai : 9/10 – Halal
Sosial Media : https://www.facebook.com/cendolduriancowkit/

Adakah rekomendasi es cendol durian di kuala lumpur yang maknyus selain durian runtuh chow kit guys?
Kalau ada tolong rekomendasi kan aku di kolom komentar es cendol durian mana lagi yang patut untuk di coba ya 😊

SEDAPNYA CENDOL DURIAN RUNTUH | PASAR CHOW KIT – KUALA LUMPUR

Ciao!
-WS-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here