Cerita lengkap perjalanan menjelajahi Angkor Wat sebelumnya bisa kamu baca di:

Pengalaman Terbaik Menjelajahi Angkor Wat – Part 1
Pengalaman Terbaik Menjelajahi Angkor Wat – Part 2

Tips dari aku untuk teman-teman traveller yang ingin menjelajahi Angkor Wat, Cambodia :

  1. Pertama, lupakan niat jika ingin naik sepeda dengan alasan ingin menghemat budget. Karena jarak dari kota atau penginapan sampai ke Angkor Wat itu jauh sekali, dan jarak di dalam Angkor Wat Complex sangat luas dari satu candi ke candi lainnya bisa berkilo-kilo meter. Cara yang paling baik untuk mengelilingi Angkor Wat ialah naik tuk-tuk dan sharing cost bersama traveller lain, jika solo traveller silahkan mencari teman sesama traveller yang mau di ajak berpergian bersama, bakalan seru bisa mengukir kenangan baru bersama teman-teman baru dari berbagai negara. Jika memang kamu tipe pejalan yang benar-benar tidak nyaman jika bersama orang lain, pergilah sendiri dan sewa tuk-tuk sendiri, it’s okay selama uang kamu memadai.
  2. Kedua, jangan lupa membawa bekal minum, cemilan dan roti. Kamu bisa beli dulu di mini market dekat hostel dan masukkan kedalam tas. Jujur, cuaca negara Cambodia lebih panas dari Indonesia dan matahari sangat menyengat, lagi pula kita berada sekitar 12 jam jika mengambil one day pass, daripada boros membeli air mineral seharga satu paket McD di Indonesia lebih baik membawa perbekalan sendiri di dalam tas.
  3. Ketiga, jika datang ke Cambodia pada musin panas akan dipastikan kulit akan terbakar, selain poin kedua cukup penting, poin ketiga ini juga tak kalah penting. Gunakanlah baju berlengan panjang yang tidak tebal dan celana yang nyaman, gunakan topi atau bawalah masker wajah, berpakainlah yang sopan tetapi tetap nyaman.
  4. Keempat, untuk pecinta photography yang ingin mengabadikan momen terbaik di Angkor Wat, datanglah pukul 4 pagi sebelum pengunjung lain datang, ambil tempat sebaik mungkin untuk dapatkan hasil foto terbaik. Jangan lupa membawa tripod dan alat perang foto lainnya.
  5. Terakhir, banyak-banyak berdoa agar terhindar dari penipuan. Karena Cambodia kurang lebih Thailand, banyak sekali isu-isu scam dimana-mana oleh supir tuk-tuk, ada kejadian yang tidak enak di alami beberapa traveller seperti di tipu supir tuk-tuk yang pergi begitu saja meninggalkan dia di tengah candi antah berantah, ada yang meminta dibayar di awal trip dan diminta uang lebih dari perjanjian. Kalau sudah begini kenangan pahit akan tertoreh di perjalanan, untuk itu selalu waspada dan berhati-hati, terlebih jika kamu traveller pemula dan solo traveller. Bayar trip di akhir perjalanan agar menghindari supir tuk-tuk kabur dietngah-tengah trip.

    Oh ya, jangan lupa untuk deal di awal harga pembayaran trip bersama supir tuk-tuk dan bayarlah di akhir trip agar tidak terjadi hal seperti cerita di atas, boleh nego tapi jangan sadis karena mereka juga mencari nafkah untuk keluarga.

Sekian saja tips dari aku, aku harap kalian yang akan pergi menjelajahi Angkor Wat bisa mendapatkan cerita-cerita baru, pengalaman baru dan teman baru yang bisa di ceritakan kelak ke anak cucu. Be safe and have fun!

Jika ada pertanyaan seputar Cambodia khususnya Siem Reap silahkan tulis di kolom komentar ya guys, aku akan balas dengan senang hati.

-WS-

@ohwisa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here