Transportasi dari Kuala Lumpur International Airport

Ketika telah tiba di suatu bandara hal pertama apa sih yang paling kita pikirkan? Pasti transportasi menuju tempat yang kita tuju kan? Walaupun kita sudah searching sana sini tapi tetep aja pasti penasaran sendiri kalo sudah sampai di tempat tujuan. Kuala Lumpur sudah seperti rumah kedua buat aku pribadi haha canda deng, gimana enggak kalo dihitung kasar setiap kali bekpekeran pesawat low cost kesayangan pasti transit dan murah nya ke Kuala Lumpur. Nah, Kuala Lumpur memiliki 2 bandara internasional yaitu Kuala Lumpur International Airport (KLIA) dan Kuala Lumpur Internatinal Airport 2 untuk bandara Low Cost Carrier. Jarak dari KLIA dan KLIA 2 ke Kuala Lumpur berjarak sekitar 50km – 60km.

transportasi dari klia ke kl sentral
Jarak dari KLIA/KLIA2 menuju Kuala Lumpur

Setelah tiba di Kuala Lumpur International Airport (KLIA / KLIA 2) hal pertama yang aku cari pasti toilet, lalu baru deh ke imigrasi dan Transport Hub buat beli tiket bus menuju pusat kota Kuala Lumpur, tentukan dan sesuaikan terlebih dahulu mau ke mana kita di Kuala Lumpur? Jika sudah memiliki bookingan penginapan atau hotel sebainya naik bus atau Grab (transportasi online) yang dekat dengan tujuan misalnya ke daerah Bukit Bintang jika belum ada bisa langsung ke KL Sentral. Tetapi, biasanya semua bus jurusan ke pusat kota Kuala Lumpur pasti selalu berhenti di KL Sentral, setibanya di KL Sentral barulah kita bisa melanjutkan perjalanan dengan bus gratis yaitu GO KL atau transportasi lainnya tersedia di KL Sentral.

transportasi dari klia ke kl sentral
View Transport Hub dari lantai atas
transportasi dari klia ke kl sentral
Waiting area, free wifi absolutely! 😀

Di Transport Hub, kita bisa lihat loket kupon taxi, loket tiket bus, loket sewa mobil, pemberhentian taxi, terminal bus, yang ingin bermalam ada juga Kapsul Container Hotel klia2, kantor Transport Hub, kantor JPJ, kantor SPAD, dan area tunggu. Sedangkan Train Express/KLIA Ekspress kita bisa naik ke lantai 2.

transportasi dari klia ke kl sentral
denah Transporation Hub (Level 1, gateway@klia2 mall

For Your Information, Bandara Kuala Lumpur itu luas nya luaaaaaaassss kebangetan, jarak dari gate kedatangan ke imigrasi bisa menghabiskan 30-menitan. Seriuosly, kalo kalian kesini buat transit usahakan spare waktu flight agak jauh soalnya proses dari turun pesawat sampai di imigrasi untuk antri dan segala macamnya bisa 1-2 jam. Buat yang sudah berumur atau travelling bareng orang tua, you have to ride special vehicle to prepared by this airport. For free!

transportasi dari klia ke kl sentral
Menuju ke imigrasian, masih setengah jalan haha
transportasi dari klia ke kl sentral
Vehicle

Pertama kali sekali ke Bandara ini sekitar awal tahun 2014, asli kaget dan terkagum-kagum, yang katanya ini bandara untuk low cost flight aja begini mewahnya perasaan gapernah ke bandara sebagus ini di negara sendiri, even itu Kuala Namu di Medan yang bagus banget aja gak sebagus ini, (oke w mulai lebay, maafkeun haha).

Transportasi yang dapat digunakan untuk ke pusat kota Kuala Lumpur ada banyak pilihan, dari yang super murah sampai yang mahal, dari yang cepat sampai hingga yang santai. Berhubung aku anaknya menghemat budget dan super irit, transportasi paling efisien yang aku ambil untuk ke pusat kota Kuala Lumpur pastilah bus, santai dan murah. Untuk para pelancong yang tiba di Kuala Lumpur, Malaysia jangan bingung deh mau naik apa ke pusat kota. Berikut informasi transportasi dari KLIA2 ke Kuala Lumpur :

1. Bus

Untuk pilihan bus banyak sekali pilihan di kaunter bus, untuk menikmati layanan bus di KLIA2, setelah menjalani cek passport di counter imigration kita bakal ngelewatin duty free dulu mulai dari coklat sampai parfum lalu jalan agak banyak sekitar 30 menitan kita bisa keluar dan lurus menyusuri lorong hingga mencapai ujung. Di Transport Hub Bus kita juga bisa dengan mudah menemukan bus untuk pergi ke pusat kota Kuala Lumpur lalu ke provinsi lainnya di Malaysia seperti Seremban, Malaka, Ipoh, Sitiawan, Genting Highlands, Petaling Jaya, Klang, dan Johor Bahru di loket tiket bus.

transportasi dari klia ke kl sentral
Kaunter bus / loket bus (pembelian tiket dan informasi semua bus

Oya jangan takut dan buru buru nyari sim card ya di klia2 airport super mahal, tenang tenang Malaysia cukup pengertian untuk internet, di sini hingga di parkiran juga masih bisa akses free wifi bandara kok dan cukup kencang untuk browsing dan update haha jangan terlena lalu buka laptop buat ngedownload yah 😀

Ternyata harga bus pulang pergi lebih murah daripada sekali jalan, Biayanya juga gak berubah sejak 2014 – 2017 tapi ada kabar dari teman yang baru pulang dari sana, tarif bus naik sekitar 1RM saja :

– Dewasa : 10-11 RM / Orang
– Anak – Anak : 5-6 RM / Orang

Untuk harga tiket atau bus apa yang selalu aku gunakan, aku selalu percaya sama Aero Bus. Untuk jadwal keberangkatan bus, bus berangkat setiap 30 menit sekali mulai beroperasi pukul 04:30 hingga 02:30 pagi, sedangkat dari KL Sentral ke KLIA2 bus beroperasi mulai pukul 02:45 hingga 00:00.

transportasi dari klia ke kl sentral
Aero Bus hanya 10 RM
transportasi dari klia ke kl sentral
Aero Bus

Nah, dari terminal tersebut kita bisa lihat beberapa platform atau peron tempat dimana bus yang akan berangkat menunggui penumpangnya. Pastikan bus dengan melihat nama bus dan nomornya. Kita juga dapat menanyakan bus yang akan segera berangkat sesuai dengan tiket yang sudah kita pesan sebelumnya kepada pak cik atau satpam dan para kru bus yang senantiasa siap sedia membantu calon penumpang.
Jadi jangan malu bertanya yah nanti sesat dijalan haha.

Setelah memastikan bus yang akan kita naiki, naiklah ke dalam bus secara tertib. Barang bawaan berukuran besar, seperti koper dan backpack gede dapat ditempatkan di bagasi sisi samping bus. Tiket yang kita beli biasanya tidak mencantumkan nomor kursi secara khusus. Maka pilihlah kursi sesuai dengan kondisi bus yang ada. Jika kita masuk ke dalam bus ketika bus masih relatif kosong, kita dapat secara bebas memilih tempat duduk sesuai dengan keinginan kita sambil tidur. Tapi, kalau kita masuk kondisi bus sudah hampir penuh, sebaiknya menyesuaikan dan duduklah pada kursi penumpang yang masih kosong. Tempat favorite aku ya pasti paling belakang dong karena bisa selonjoran untuk tidur selama 1 jam perjalanan kan lumayan.

Transportasi dari Kuala Lumpur International Airport : Soal kenyamanan bus, gak perlu khawatir, bus jurusan KLIA ke KL Sentral dijamin menerapkan standar kenyamanan kelas wisatawan internasional. Semua bus dilengkapi dengan AC dengan kursi recycling seat berjajar dua-dua di masing-masing sisi kanan dan kiri lorong bus. Perjalanan ke KL Sentral akan ditempuh melewati jalan tol penghubung antar kota yang lebar nan beraspal mulus. Dengan pemandangan khas perkebunan kelapa sawit dan karet, serta melintasi sisi luar kota Putrajaya dan Cyberjaya, perjalanan menuju KL Sentral memerlukan waktu sekitar satu jam. Maka tibalah kita di jantung kota Kuala Lumpur. Selamat jalan-jalan! 🙂

2. Taxi

Untuk informasi tentang taxi sebenarnya sangat gampang di Transport Hub di KLIA2 tadi dekat dengan kaunter bus, pertama keluar kita akan banyak sekali menemukan kaunter taxi juga tapi tenang di Malaysia khususnya di KLIA2 airport gak ada yang namanya calo seperti di Indonesia ya. Mereka tertib aturan, jadi jika kalian juga ingin menggunakan taxi kalian juga harus membeli tiket sesuai tarif di kaunter taxi. Jadi taxi di sana menggunakan tiket dan tarif meteran kalo gasalah apasih ya nyebutnya hehe.

transportasi dari klia ke kl sentral
Teksi Berkupon *ok teksi not taxi, so sorry haha*

Untuk tarif aku gak punya informasi khusus ya, ini hasil dari browsing di mbah gugel :

transportasi dari klia ke kl sentral
Teksi Fares *windowmalaysia.my*
transportasi dari klia ke kl sentral
Teksi di parkiran klia2 airport

3. KLIA Express

KLIA Ekspres & KLIA Transit adalah kereta cepat yang dikelola oleh sebuah perusahaan bernama Express Rail Link (ERL). Kalo di Indonesia khususnya Kota Medan itu sama kaya Railink kereta cepat dari Kota Medan menuju Kuala Namu Internasional Airport atau sebaliknya. Kendaraan ini merupakan salah satu alternatif transportasi yang bisa kita pilih jika kalian ingin menuju ke pusat kota Kuala Lumpur dari Kuala Lumpur International Airport baik satu (KLIA) maupun dua (KLIA2) dengan cepat dan kelebihan uang.

Kenapa aku bilang untuk kalian yang ingin cepat dan kelebihan uang saja? Ya karena ya begitu sungguh mahal untuk kalangan bekpeker gembel kaya aku sih ogah haha 55 RM kalo aku tidak salah sekali jalan.
Beda jauh kan sama bus yang Cuma 10-11RM sekali jalan, padahal cuma beda sekitar 30menit perjalanan. Ada dua perbedaan antara kedua jenis kereta KLIA ini. Kalau KLIA Ekspres, sesuai dengan namanya, akan mengantarkan penumpang dengan kilat dari KLIA/KLIA2 langsung ke Stasiun KL Sentral dan sebaliknya.

Artinya, kereta ini tidak berhenti di stasiun-stasiun lain kecuali di tiga titik tersebut. Sedangkan KLIA Transit, sekali lagi juga sesuai dengan namanya, tidak akan langsung meluncur ke KL Sentral melainkan akan berhenti/transit terlebih dahulu di beberapa stasiun lain, seperti Terminal Bersepadu Selatan, Putrajaya & Cyberjaya, dan Salak Tinggi.

Berikut rute dan tarif KLIA Ekspress dan KLIA Transit :

transportasi dari klia ke kl sentral
KLIA Ekspress dalam RM
transportasi dari klia ke kl sentral
Tarif klia transit dalam RM
transportasi dari klia ke kl sentral
Jadwal KLIA ekspress

Frekuensi:
– Setiap 15 menit – selama jam sibuk (Minggu sampai Jumat pukul 06.00 – 09.00 dan 16.00 – 22.00)
– Setiap 20 menit – di luar jam sibuk (Minggu sampai Jumat pukul 05.00 – 06.00, 09.00 – 16.00, dan 22.00 – 00.00; Sabtu sepanjang hari)
– Setiap 30 menit – lewat tengah malam

Durasi Perjalanan:
28 menit (KLIA – KL Sentral), 33 menit (KLIA2 – KL Sentral)

transportasi dari klia ke kl sentral
Jadwal KLIA Transit

Frekuensi:
Setiap 20 menit – selama jam sibuk
Setiap 30 menit – di luar jam sibuk

Kereta ini memang tergolong mahal. Tapi sebenarnya itu sesuai dengan kenyamanan yang di dapat di kereta tersebut, khususnya kereta KLIA Ekspres. Bagi yang terburu-buru ke KL Sentral atau ke bandara, KLIA Ekspres ini tentu sangat membantu karena selain frekuensinya hanya berkisar antara 15-30 menit, waktu tempuhnya dari KLIA2 ke KL Sentral pun juga relatif singkat, yaitu sekitar 33 menit (1 pemberhentian). Sementara itu, KLIA Transit memiliki frekuensi yang lebih jarang yaitu sekitar 20-30 menit, dengan waktu tempuh yang sedikit lebih panjang, yaitu sekitar 39 menit dari KLIA2 ke KL Sentral (4 pemberhentian). Meskipun fasilitasnya oke, tapi tetap tidak akan merubah pikiran aku sebagai traveller hemat budget haha 55 RM sekali jalan duh nay nay nay. Tapi someday kalo aku punya uang lebih bolehlah di coba yah hihi.

Untuk informasi lebih lengkap tentang Train Ekspress kalian bisa langsung mendatangi Pusat Informasi atau langsung ke lantai 2 untuk membeli tiket di kaunter train ekspress.

4. TRANSPORTASI ONLINE (Grab, Uber dll)

Nah, untuk transporti satu ini termasuk pilihan para traveller loh kalo misalnya kita pergi secara group 3-5 orang kita bisa shared cost dong tentunya lebih terjangkau dibanding naik bus dan taxi. Grab di Malaysia juga sering promo, buka saja aplikasi Grab kalian ketika di sana akan otomatis keluar pemberitahuan adanya promo. Untuk harga spesifikasi aku juga kurang tau, kalian bisa check sendiri ketia tiba disana yah 🙂

Ciao!
WS

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here